Khazanah Taoge Nusantara

Taoge sering dijumpai dalam berbagai olahan makanan. Rasanya yang khas dan gizinya yang tinggi menjadi pilihan dalam pelengkap makanan. Memang paling umum dijumpai adalah taoge dari kecambah kacang hijau. Saat kecil dulu di sekolah kita pernah belajar mengecambahkan kacang hijau dalam wadah dengan media kapas basah. Caranya pun sangat sederhana tanpa perlu repot diberi berbagai macam perlakuan. Namun yang kita makan dengan yang kita tanam saat sekolah sedikit berbeda disebabkan perlakuan khusus pada prosesnya.

Penyakit di Taoge Mentah

Taoge adalah kecambah dari kacang-kacangan yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Taoge merupakan istilah produk dari fase pekercambahan tanaman kacang-kacangan yang baru keluar akar embrionya (radikula). Perlu diketahui taoge berbahaya jika dikonsumsi dalam kondisi mentah. Taoge mentah kemungkinan mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan terjadinnya penyakit seperti diare, sakit kepala hingga demam. Agar lebih aman, sebelum disantap taoge bisa diolah dengan cara ditumis sebelum dimakan.

Manfaat Perkecambahan

Ada hikmah dari perubahan biji menjadi kecambah untuk dikonsumsi. Biasanya kacang-kacangan mengandung zat antigizi seperti antitripsin. Antitripsin adalah senyawa protein yang bersifat sebagai antinutrisi, yaitu mempunyai kemampuan untuk menghambat aktivitas enzim tripsin di dalam saluran pencernaan. Untuk menanggulangi hal ini, bisa dilakukan proses perkecambahan. Kandungan zat gizi pada biji sebelum dikecambahkan berada dalam bentuk tidak aktif (terikat).

Setelah perkecambahan bentuk tersebut diaktifkan sehingga meningkatkan daya cerna bagi manusia. Germinasi atau perkecambahan meningkatkan daya cerna karena berkecambah merupakan proses katabolis. Zat gizi penting menjadi tersedia untuk pertumbuhan tanaman melalui reaksi hidrolisis dari zat gizi cadangan yang terdapat di dalam biji. Perkecambahan dapat meningkatkan kandungan protein dan serat kasar serta sejumlah vitamin.

Kreatifnya masyarakat di nusantara sejak jaman dahulu dapat menemukan berbagai macam jenis taoge dari biji-bijian. Hingga kini masih bertahan untuk diproduksi dan dikonsumsi jenis-jenis taoge tersebut. Berikut infografis Khazanah Taoge Nusantara.

Infografis Khazanah Taoge Nusantara