10 Jenis Tanaman Aquascape Paling Populer

Saat ini aquascape telah banyak dibuat oleh masyarakat, khususnya para pencinta ikan hias. Keindahan aquascape yang dihasilkan tentu tidak hanya ditentukan dari jenis ikan hias yang digunakan, tetapi juga dari komponen lainnya, seperti jenis tanaman aquascape yang digunakan. Terdapat berbagai macam jenis tanaman air yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan aquascape Anda. Berikut ini 10 jenis tanaman aquascape yang paling populer:

[Baca juga: Aquascape, Memperindah Akuarium Anda]

  1. Java Moss

Java Moss yang tumbuh subur pada batang kayu / Flickr

Java moss adalah salah satu tanaman aquascape populer yang mudah dalam perawatannya karena tidak membutuhkan banyak CO2 sehingga tidak perlu dilakukan injeksi CO2. Tanaman yang membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi ini terlihat seperti ganggang dan berwarna hijau terang. Pertumbuhan java moss cukup lambat dan biasanya tumbuh di kayu apung atau bebatuan pada akuarium. Java moss dapat tumbuh pada suhu air 21-32° C, tetapi optimal pada 21-24° C. Tanaman aquascape jenis java moss ini berfungsi sebagai tempat persembunyian dan berlindung ikan serta penutup lantai akuarium.

  1. Amazon Sword

Amazon Sword / Flickr

Konon tanaman aquscape jenis ini disebut amazon sword karena berasal dari sungai amazon dan bentuk daunnya nampak seperti pedang (sword). Amazon sword sering diletakkan di bagian belakang aquarium sebagai background dan berfungsi sebagai tempat persembunyian ikan. Tanaman ini dapat tumbuh sampai 50 cm pada air yang bersuhu 22-28° C dengan tingkat pencahayaan sedang.

  1. Windelov

Windelov / Flickr

Windelov memiliki nama ilmiah Microsorum preropus. Tanaman yang disebut juga sebagai Java Fern ini tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Windelov memiliki bentuk yang unik dengan ujung yang bercabang. Tanaman ini memiliki ketahanan diri yang kuat, terlebih bila diikatkan pada kayu ranting atau ditempel pada bebatuan.

  1. Hygrophila difformis

Hygrophila difformis / Flickr

Hygrophila difformis atau dikenal juga sebagai Water Wisteria ini merupakan tanaman yang tumbuh di air dangkal. Pertumbuhan tanaman ini terbilang cepat. Di alam, sebagian besar pertumbuhan Hygrophila difformis terjadi selama musim, tetapi di akuarium akan tumbuh sepanjang tahun. Tanaman yang sering digunakan sebagai karpet akuarium ini mudah dalam perawatannya, dan dapat tumbuh pada air yang bersuhu 23-28° C dengan pencahayaan sedang.

  1. African Water Fern

African Water Fern / Flickr

African water fern memiliki warna hijau muda dan sering digunakan sebagai latar belakang (background) akuarium. Tanaman ini dapat tumbuh pada air yang bersuhu 20-27° C dan tetap dapat tumbuh meski dalam pencahayaan yang minim. Beberapa sumber mengatakan african water fern ini sangat cocok dikombinasikan dengan java fern.

  1. Lilaeopsis

Lilaeopsis / Flickr

Lilaeopsis sepintas nampak seperti rumput dan berfungsi sebagai tempat persembunyian ikan yang nyaman. Tanaman ini membutuhkan pencahayaan sedang dan dapat tumbuh pada air dengan suhu yang berkisar antara 23-29° C. Lilaeopsis memiliki pertumbuhan yang cepat, oleh karena itu perlu perawatan seperti pemotongan atau pemangkasan secara rutin agar pertumbuhannya tidak meledak dan tidak mengganggu tanaman aquascape lain di sekitarnya.

  1. Cabomba caroliniana

Cabomba caroliniana / Flickr

Cabomba caroliniana termasuk tumbuhan aquascape yang bisa menempati area midground dan background akuarium. Tanaman ini tumbuh pada akuarium dengan suhu air 15-26° C dengan pencahayaan sedang hingga tinggi. Tingkat pertumbuhan Cabomba caroliniana ini cukup cepat. Cabomba caroliniana termasuk tanaman aquascape yang mudah perawatannya karena kebutuhannya akan CO2  sedikit sehingga tidak perlu dilakukan injeksi CO2.

  1. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears / Flickr

Dwarf baby tears atau yang memiliki nama lain Hemianthus callitrichoides ini memiliki daun yang kecil dan padat, serta sering dijadikan foreground. Hemianthus callitrichoides hidup pada akuarium dengan suhu air 22-23° C dengan pencahayaan yang tinggi. Namun pada pencahayaan sedang tanaman ini tetap mampu beradaptasi. Pencahayaan yang tinggi mampu membuat tanaman ini tumbuh subur dan rimbun. Ketika dwarf baby tears memperoleh pencahayaan yang kurang, maka tanaman ini akan tumbuh ke atas berusaha mencari sumber cahaya karena sifat tanaman ini yang tumbuh mengikuti arah cahaya.

  1. Anubias

Anubias / Flickr

Anubias adalah tanaman menarik kecil yang tumbuh subur di segala kondisi. Tanaman ini mampu bertumbuh dengan tinggi hingga 15 cm dan daun dari tanaman ini berwarna hijau gelap. Anubias tidak memerlukan perawatan khusus. Seperti halnya Amazon Sword, tanaman ini dapat bertahan dalam air bersuhu 22-28° C. Anubias dapat diletakkan di segala sudut akuarium untuk menambah keindahan pada akuarium.

  1. Dwarf Hair Grass

Dwarf Hair Grass / Pinterest

Dwarf hair grass merupakan salah satu tanaman aquascape untuk foreground. Tanaman ini tumbuh pada kisaran suhu air 22-25° C dengan pencahayaan yang sedang. Namun pada pencahayaan tinggi tanaman ini dapat tumbuh cepat sehingga perlu dilakukan pemangkasan secara berkala.

Diantara 10 jenis tanaman aquscape di atas, manakah yang anda pilih untuk mempercantik aquascape Anda?


Baca Artikel Lainnya:

Post Author: Izanatur Rohmah

Leave a Reply

Your email address will not be published.