Tentang Kami

Sumber Gambar: Shutterstock

Di farming.id, kami memiliki keyakinan bahwa Indonesia seharusnya dapat merdesa dengan sumber daya alam yang dimiliki.

Bukan lautan hanya kolam susu 
Kail dan jala cukup menghidupmu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

Kami mencoba menganalisis, sebenarnya apa yang menjadi permasalahan sehingga industri pertanian dan perikanan di Indonesia tidak signifikan. Beberapa data ini menjadi acuan kami:

  1. Masalah regenerasi, per tahun 2016 sekitar 62 persen petani yang ada berusia di atas 55 tahun, sementara petani muda hanya berada dalam porsi 12 persen.
  2. Menurut data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS), per kuartal pertama tahun 2016 pertumbuhan pertanian di Indonesia hanya 1,85 persen.
  3. Investasi di sektor pertanian tak signifikan bertumbuh, padahal dari perhitungan ekonomi nasional, porsi industri pertanian masih sekitar 13,56 persen.
  4. Menurut data BPS, penghasilan rata-rata nelayan per bulan hanya sebesar Rp 1,1 juta. Kecilnya pendapatan membuat peminatnya pun derastis menurun.
  5. Dalam 10 tahun terakhir jumlah nelayan berkurang hingga 50%, menjadi hanya sekitar 800 ribuan di seluruh Indonesia.
  6. Sementara menurut data Worldfish Assosiation dan Kementerian Kelautan nilai perdagangan ikan di Indonesia mencapai $5,3 miliar, dengan pertumbuhan industri sebesar 8,91% per tahun.

Tentu selain di atas, sebenarnya masih ada permasalahan –khususnya permasalahan teknis—yang banyak dihadapi di lapangan, seperti faktor cuaca, sebaran lahan pertanian, percurian ikan hingga akses permodalan. Namun visi farming.id pada edukasi dan menciptakan awareness, khususnya bagi para generasi muda untuk menjadikan sektor pertanian dan perikanan dipandang lebih menjanjikan.

Untuk merealisasikan visi tersebut, kami menghadirkan farming.id dalam bentuk media dan aplikasi. Media akan memberikan pemaparan seputar dunia pertanian dan perikanan, untuk menunjukkan kesempatan, prospek dan permasalahan terkini yang harus disiasati, sembari membuka perspektif positif dan membenahi cara pandang terhadap sub-sektor pertanian dan perikanan. Sedangkan dengan aplikasi, farming.id ingin menyajikan kanal belajar bagi para pemula untuk menciptakan prospek bisnis di sektor pertanian dan perikanan.

Sebagai sebuah startup yang bertumbuh, farming.id bertekad akan terus melakukan improvisasi pada inovasi produk, memberikan jaminan akurasi data dan melahirkan kualitas konten.

Teknologi Pendukung

Memanfaatkan teknologi komputasi awan dan hasil pengembangan berbasis open sourcefarming.id disusun dengan teknologi sebagai berikut:

Content Management System: WordPress by Automatic
Tema Visual: ionMag by tagDiv
Cloud Hosting: CloudKilat by Infinys System Indonesia

Tim Pengembang

Berjalan dengan mode bootstrapping, tim farming.id didukung oleh:

Editor
Arinda Dwi Yonida

Contributor
Ayu Ainullah Muryasani
Emeralda Firdausa Wijaya
Fantria Imrantika
Izanatur Rohmah
Sri Widowati Retno Pratiwi

System Engineer
Randi Eka
Taufiqur Rokhman

Video Editor
Ricky Sevianta