Agribisnis sebagai Pilar Pembangunan

Industri pertanian / pixabay

Sektor pertanian memiliki peranan sangat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia. Sektor ini mampu mencetak lapangan kerja dan mampu mendukung sektor industri baik dari hulu maupun hilir. Untuk membangun sektor pertanian tidak bisa lepas dari peranan agribisnis. Peranan agribisnis sangat signifikan untuk mengembangkan sektor pertanian. Sampai saat ini pertumbuhan agribisnis cenderung bernilai positif. Agribisnis bisa dikatakan sebagai sektor ekonomi terpenting dalam pembangunan perekonomian nasional.

Agribisnis merupakan sistem dalam pertanian yang mengaitkan dari proses hulu sampai sistem hilir dengan memanfaatkan sumber yang ada untuk tujuan mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya. Salah satu peran agribisnis dalam sektor pertanian adalah dalam penyediaan bahan pangan. Ketersedian berbagai jenis kualitas pangan bagi masyarakat merupakan kunci dari pembangunan di Indonesia. Mulai zaman reformasi peran agribisnis sangatlah penting karena secara langsung dapat mempengaruhi ketahanan pangan serta kondisi sosial, politik, dan keamanan nasional.

Agribisnis adalah sebuah sistem, sehingga semua kegiatan yang terdapat dalam sistem tersebut harus saling terkait dan mendukung. Agribisnis mampu meningkatkan efisiensi pada sektor pertnian sehingga modernisasi pertanian dapat tercapai. Dengan agribisnis dalam sektor pertanian juga mampu melibatkan banyak tenaga kerja untuk mengolah semua sumber daya alam yang dapat diperbaharui.  Selain itu agribisnis merupakan alternatif untuk mengembangkan strategi pembangunan ekonomi. Pengembangan sektor agribisnis, khususnya untuk menghadapi era globalisasi bisa difokuskan dengan pengembangan lapangan usaha produk-produk olahan hasil pertanian yang berupa agroindustri yang nantinya akan memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional.

Sebagian besar petani di Indonesia belum menerapkan sistem agribisnis. Padahal dengan penerpan agribisnis bisa sangat membantu perekonomian petani. Agribisnis sangat berorientasi pasar dan meningkatkan nilai tambah dari suatu koomoditas petanian. Jika konsep agribisnis sudah diterapkan maka pendapatan usaha tani akan meningkat. Menurut Dr. Ir. Gede Sedana sebagai pemangat pertanian menilai bahwa kemandirian sektor pertanian di Indonesia perlu mendapat perhatian secara sungguh-sungguh dengan cara menerapkan konsep agribisnis. Sebagian besar petani masih berada pada subsistem produksi yang masih perlu mendapatkan dukungan dari agroindustri hulu yang tepat sehingga tidak mengalami kesulitan dalam proses produksi.

Namun dalam penerapan sistem agribisnis juga tidak mudah dan memiliki tantangan tersendiri. Hampir semua pelaku agribisnis masih belum mempunyai modal yang cukup. Dalam membuat agroindustri yang menangani produk hulu sampai dengan hilir membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Disamping itu kurangnya pendamping agribisnis yang profesional juga menghambat. Masyarakat yang akan berpartisipasi membangun agribisnis menjadi berkurang dan tidak optimal. Pembangunan infrastruktur yang ada juga belum merata sehingga dapat menghambat distribusi hasil dalam proses pemasarannya.

Pengembangan sektor agribisnis di era yang penuh persaingan ini juga akan mendapat tantangan yang besar. Dari mulai tuntutan pembangunan ekonomi domestik yang terus berkembang sampai dengan perubahan lingkungan ekonomi internasional, baik karena pengaruh liberalisasi maupun karena perubahan yang fundamental dalam pasar produk agribisnis internasional. Berdasarkan struktur akutansi dapat dikatakan bahwa agribisnis sebagai serangkaian kegiatan ekonomi dimana sektor pertanian tumpang tindih dengan manufaktur, jasa, dan sektor ekonomi lainnya. Oleh karena itu pengukuran pada arus perdagangan agribisnis sangat penting.

Apabila perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sektor pertanian, khususnya dalam sistem agribisnis dikelola dengan baik, maka akan dapat memperbaiki pendapatan penduduk secara merata dan berkelanjutan. Secara nasional, pembangunan agribisnis ini dapat memakmurkan masyarakat Indonesia secara keseluruhan yang nantinya akan meningkatkan perekonomian negara.