Aquascape, Memperindah Akuarium Anda

Aquascaping Aquarium / Pinterest

Pada zaman ini tak diragukan lagi, akuarium menjadi tempat yang paling mudah, praktis, dan banyak disukai oleh pecinta ikan hias. Akuarium merupakan tempat untuk memelihara ikan hias yang terbuat dari kaca. Sehingga ikan-ikan hias yang diletakkan dalam akuarium dapat dilihat jelas berenang kesana-kemari, yang mana hal itu menjadi salah satu hiburan tersendiri oleh beberapa orang.

Dalam akuarium terdapat ikan, pasir, batu-batuan, dan tanaman air, sehingga untuk mempercantik akuarium dibutuhkan yaitu aquascape. Apa itu aquascape? Simak beberapa informasi mengenai aquascape lebih lanjut di bawah ini.

[Baca juga: Cara Mudah Memelihara Koi, Ikan Hias Sejuta Penggemar]

Aquascape merupakan seni dalam menata komponen batu, karang, pasir, kayu dan tanaman air dalam akuarium. Aquascape dapat diterapkan dalam pemeliharaan ikan hias air tawar atau ikan hias air laut di dalam akuarium. Tujuan utama dari aquascape adalah menciptakan pemandangan di bawah permukaan air dalam akuarium. Sehingga akuarium akan terlihat lebih cantik dan menarik untuk dilihat sebagai bagian dalam memperindah estetika suatu ruangan atau tempat tertentu.

Pada aquascape yang perlu diperhatikan bukan hanya teknis penataan komponen – komponen dalam akuarium, namun juga teknis pemeliharaan ikan serta komponen – komponen hidup lainnya seperti karang atau tanaman air.

Contoh Aquascape / Pinterest.com

Ketika membuat ekosistem air, perlu mempelajari dan memperhatikan beberapa komponen yang harus dipenuhi secara optimal dalam penerapan aquascape. Komponen-komponen tersebut harus terpenuhi secara optimal agar kehidupan yang ada di dalam akuarium menjadi seimbang dan sesuai dengan perairan di alam. Sehingga perlu dijaga dan dikontrol supaya tidak merusak keindahan komponen dalam aquascape.

Komponen Penting pada Aquascape

  1. Pencahayaan

Cahaya merupakan komponen penting bagi karang atau tumbuhan air agar dapat melakukan proses fotosintesis yang mana akan menghasilkan oksigen terlarut dalam air bagi kehidupan ikan. Pencahayaan pada akuarium dapat berasal dari lampu neon, lampu mercury atau lampu metal halogen.

  1. Kualitas air

Dalam membuat ekosistem air pada aquascape, kualitas air menjadi yang terpenting untuk selalu dioptimalkan agar kehidupan ekosistem air dalam akuarium tetap terjaga. Faktor yang mempengaruhi kualitas air yaitu sumber air, jumlah dan jenis ikan, jumlah dan jenis karang, jumlah dan jenis tumbuhan air, jenis pasir dan batu, ukuran akuarium, dan lain sebagainya.  Dalam menjaga kualitas air diperlukan alat tambahan seperti lampu pencahayaan untuk proses fotosintesis, filter untuk sirkulasi air, dan chiller sebagai pendingin untuk mempertahankan suhu air agar tidak meningkat drastis.

  1. Pupuk

Pupuk merupakan komponen penting untuk menyediakan nutrisi bagi tanaman air agar dapat tumbuh dengan segar. Sehingga akan mempercantik akuarium dalam penerapan aquascape. Pupuk tersebut dapat berupa pupuk padat atau pupuk cair.

  1. Filtrasi

Sistem filtrasi merupakan kunci penting untuk menjaga kualitas air dalam akuarium. Dengan adanya filter, pergantian air dapat terjadi secara teratur serta air tetap jernih dan bersih dari kotoran ikan. Jenis filter yang dapat digunakan pada aquascape yaitu top filter, undergravel filter, canister internal filter, canister external filter, atau trickle filter.

Manfaat Positif dari Hobi Aquascaping

  1. Menghilangkan rasa stress dan jenuh
  2. Menciptakan perasaan rileks dan tenang
  3. Melatih kreativitas dan ketelitian
  4. Melatih kesabaran
  5. Mengajarkan ketekunan
  6. Menciptakan suasana sejuk dan segar
  7. Memperindah estetika akuarium
  8. Mempercantik interior ruangan
  9. Menjadi hiburan tersendiri masing – masing pribadi
  10. Menciptakan lapangan penghasilan

Beberapa tahun ini, aquascaping menjadi andalan yang sering dilombakan karena peminat aquascape sangat banyak. Tidak hanya sekedar untuk memuaskan hobi, aquascaping juga dapat menjadi ladang penghasilan yang cukup besar. Seperti yang dilansir oleh official account line Mina Indonesia bersumber dari detik financial bahwa bisnis aquascape dapat memberikan keuntungan sampai 40 juta per minggu yang mana dialami oleh sang pengusaha muda yaitu Wendy Kurniawan. Berawal dari hobi suka memelihara ikan hias dalam akuarium, Wendy dan rekannya mencoba menggeluti usaha akuarium dengan konsep aquascape yang ternyata hasilnya menguntungkan. Harga akuarium dengan konsep aquascape dibandrol dari 800 ribu – 10 juta rupiah. Harga ditentukan berdasarkan tingkat desain aquascape.

Berikut contoh gambar dari aquascape (source: pinterest.com)

Begitu menguntungkan bukan? Tidakkah anda tertarik dengan usaha ini? Atau anda ingin hemat? Anda dapat menerapkan konsep aquascape dalam akuarium anda sendiri sesuai dengan kreativitas anda.