Ayo Menanam! Ini Manfaat Tanaman di Lingkungan Rumah

Pekarangan rumah / ndikhome.com

Bagi Anda yang hobi berkebun, menanam adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun, jika Anda belum menyukai kegiatan berkebun, mulailah untuk mencoba dari sekarang. Anda dapat menanam jenis tanaman favorit dengan penataan dekorasi yang cantik sesuai selera. Menanam tanaman hias mampu menyalurkan kegemaran berkebun sekalipun halaman di depan rumah walaupun lahannya sempit. Setidaknya dengan bercocok tanam akan membuat hati merasa senang. Kegiatan menanam atau berkebun di sekitar rumah ini juga memiliki banyak manfaat.

Membuat Sejuk dan Teduh

Dengan hijaunya warna daun dari tanaman, akan menambah kesan teduh dan asri. Lingkungan rumah akan terasa lebih adem. Semakin banyak tanaman yang ada, maka lingkungan akan lebih rimbun dan terasa teduh. Jika cuaca matahari sedang terik, maka di lingkungan rumah Anda akan tetap terasa dingin.

[Baca juga: Berkenalan dengan Permakultur]

Udara yang sejuk juga berarti bersih. Tanaman akan menghasilkan oksigen yang sangat bermanfaat. Oksigen inilah yang memberikan kesegaran dan kesejukan rumah Anda. Anda akan lebih bisa merasa santai dan rileks jika berada di rumah. Apalagi, semakin banyak menanam pohon, maka semakin banyak juga polusi udara yang tersaring dan menghasilkan udara yang bersih.

Menambah Nilai Estetika

Menanam pohon buah yang baik dan tertata rapi akan menambah keindahan sekitar rumah anda. Jenis tanaman yang dipilih bisa disesuaikan dengan lingkungan rumah Anda, jika lahan cukup luas bisa dengan tanaman hias buah dan jika sempit bisa cukup dengan tanaman hias bunga. Kreativitas Anda juga akan terasah, misalkan dengan menyusun tabulampot dengan bentuk tertentu yang akan membuat lingkungan rumah lebih menawan.

Jika lingkungan rumah sendiri menjadi indah, maka Anda tidak perlu lagi melakukan refreshing ke tempat yang jauh. Rumah bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Selain hemat, juga akan menjaga kesehatan keluarga.

Menyimpan Air Tanah

Jika tidak banyak tanaman di lingkungan, air hujan yang jatuh langsung ke tanah akan hilang begitu saja karena tidak ada akar tanaman yang mengikatnya. Dengan curah hujan yang tidak menentu dan musim kemarau yang semakin sulit ditebak, Anda dapat menyiasati ketersediaan air dengan menanam tanaman di pekarangan. Lahan tersisa di rumah dapat diubah menjadi penampung air alami.

Ini juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi terjadinya banjir. Dengan adanya banyak tanaman inilah bisa menjadi daerah resapan air ketika musim hujan. Selain itu, dapat menahan tanah agar tidak longsor, terutama pada daerah dengan tanah miring.

Bisa Diambil Hasilnya

Tanaman yang kita tanam tentu bisa diambil hasilnya, apalagi jika berupa tanaman buah-buahan. Tanaman buah juga dapat memberikan tambahan penghasilan maupun tambahan nutrisi bagi keluarga ketika telah berbuah.  Jika berbuah banyak dan berkualitas bagus dapat dijual kepada orang lain sehingga mendapatkan uang tambahan yang tidak sedikit. Buah yang dihasilkan pohon buah yang ada di halaman rumah pun dapat dikonsumsi sendiri dan bias dibagi ketetangga yang tinggal di sekitar rumah.

Memperbaiki Kondisi Psikologis

Berada di taman atau ruangan yang memiliki tanaman akan lebih menenangkan pikiran dan dapat memperbaiki suasana hati Anda. Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), terdapat beberapa manfaat  dari memelihara tanaman di rumah terhadap kondisi psikologis dan kognitif seseorang, seperti meningkatkan rasa kepercayaan diri, mengurangi stres dan kecemasan, merasakan kebugaran, membantu menenangkan pikiran dan membuat optimisme, meningkatkan konsentrasi dan fokus, dan meningkatkan kemampuan mengingat.

Hal ini didukung oleh suatu hasil penelitian yang menunjukkan adanya efek peningkatan mood dan performa bekerja saat seseorang bekerja di ruangan yang dihiasi tanaman, dibandingkan dengan individu yang bekerja di ruangan yang tidak memiliki tanaman. Manfaat kegiatan berkebun juga meningkatkan kesehatan sosial dengan cara mendorong seseorang untuk bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang lain.