Berbagai Cara Berkebun Kreatif di Rumah

Tanaman bunga / Pixabay

Salah satu kegiatan yang bisa mengisi waktu luang Anda di rumah adalah dengan berkebun. Untuk meniati kegiatan ini awalnya memang berat, namun lama-kelamaan bisa menjadi menyenangkan. Tidak sedikit orang juga yang menjadikan berkebun atau bercocok tanam sebagai gaya hidup sampingan mereka. Selain memiliki banyak manfaat untuk lingkungan, berkebun juga akan memberikan manfaat bagi si pelaku, seperti mampu menyegarkan pikiran dan mendapat hasil tentunya.

[Baca juga: Berbagai Cara Mudah Menanam Sayur di Lingkungan Rumah]

Berbagai cara bisa dilakukan untuk memulai kegiatan berkebun di rumah. Jika Anda merasa bosan atau kurang menyukai cara berkebun yang biasa, Anda bisa mencoba cara berkebun kreatif berikut ini. Cara- cara ini selain bisa memanfaatkan barang bekas mungkin ada, juga bisa diaplikasikan di lahan sempit atau bahkan tidak menggunakan lahan sekali pun.

Dengan Lampu Gantung

Berkebun dengan lampu gantung / hipwee.com

Cara berkebun kreatif pertama adalah dengan memanfaatkan lampu gantung sudah tidak lagi berfungsi. Lampu gantung di sini akan berfungsi sebagai wadah tanaman. Cara bisa tidak membutuhkan lahan ataupun tanah untuk menanam secara langsung. Lampu gantung bisa diberi media tanam dan ditanami tanaman hias yang berukuran kecil, seperti bunga ivy dan sirih putih. Hasilnya bisa diletakkan di meja atau tempat manapun yang dapat mempercantik dan menambah keindahan lingkungan rumah Anda.

Dengan Sepatu Bot

Berkebun dengan sepatu / hipwee.com

Cara berkebun kreatif selanjutnya jika Anda memiliki sepatu jenis bot yang sudah tidak dipakai lagi. Dengan sepatu bot sebagai wadah, Anda bisa menanam tanaman dengan ukuran yang sedang, bahkan jenis hortikultura. Sepatu bot yang ada miliki bisa dicat terlebih dahulu untuk menambah keindahannya. Cara ini bisa diaplikasikan untuk memperindah halaman rumah, dan akan lebih indah lagi jika dibuat dalam jumlah yang cukup banyak.

Dengan Botol Minuman yang Disusun

Berkebun dengan botol bekas / hipwee.com

Cara berkebun kreatif berikutnya adalah dengan memanfaatkan botol minuman bekas. Cara ini sangatlah mudah dan murah. Caranya adalah dengan melubangi bagian samping botol terlebih dahulu sesuai dengan ukuran tanaman yang akan ditanam. Tambahkan lubang kecil untuk mengaitkan tali agar bisa disusun dengan botol lain serta lubang untuk drainase air. Lakukan hal yang sama pada oto lainnya. Selanjutnya masukkan media tanam secukupnya ke dalam botol dan bisa diberi tanaman. Kreativitas Anda juga akan menentukan hasil dari cara ini.

Dengan Cangkir Teh

Berkebun dengan cangkir teh / bahasa.aquila-style.com

Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki cangkir teh yang sisa atau berjumlah banyak dan tidak termanfaatkan. Cangkir ini akan menjadi wadah yang cantik bagi tanaman hias. Hasil ini bisa dipajang di meja makan atau ruang tamu. Namun perlu diperhatikan jenis tanaman dan media tanamnya, misal dengan menggunakan hidrogel agar pengairan tidak terlalu sering dibutuhkan.

Dengan Ban Mobil Bekas

Berkebun dengan ban bekas / bahasa.aquila-style.com

Cara berkebun kreatif ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan ban mobil bekas yang sudah tidak terpakai. Ban bekas ini bisa dijadikan wadah untuk menanam tanaman hias yang berukuran sedang, seperti jenis semak. Ban bisa diberi warna terlebih dahulu agar bisa memberi kesan lebih cantik. Cara ini bisa diaplikasikan untuk ditempel ditembok rumah atau diletakkan di pekarangan.

Dengan Tempat Nasi

MenyimpanTanaman-WadahSaringan
Berkebun dengan tempat nasi / rumah.com

Jika Anda sudah memiliki tempat nasi baru atau tempat nasi lama yang sudah tidak terpakai, jangan langsung dibuang. Tempat nasi ini bisa juga dijadikan wadah untuk bertanam yang kreatif. Kelebihan dari tempat nasi adalah sudah memiliki drainase air dan ukuran yang pas untuk tempat menanam. Cara ini bisa diaplikasikan dengan cara digantung atau diletakkan di pekarangan rumah Anda. Akan lebih baik jika Anda membuatnya lebih dari satu buah.