Berbagai Jenis Tanaman Hias Gantung Pilihan dan Tips Menanamnya

Tanaman hias gantung / tanamanhiasdaun.com

Ada berbagai macam cara untuk menanam tanaman hias, salah satunya adalah dengan cara digantung. Tanaman yang bertujuan untuk menghiasi ruangan atau lingkungan dengan menggunakan wadah kemudian digantung bisa disebut dengan tanaman hias gantung. Tanaman yang digunakan bisa berasal dari tanaman hias bunga, daun, ataupun buah. Dengan membuat membuat tanaman hias gantung ini akan menambah nilai estetika dan keasrian ruangan atau lingkungan tempat tinggal Anda.

[Baca juga: Mengenal Jenis Tanaman Hias Air untuk Mempercantik Kolam]

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa dijadikan tanaman hias gantung. Berikut adalah beberapa contoh tanaman pilihan yang bisa dijadikan pilihan Anda untuk membuat tanaman hias gantung beserta karakteristiknya.

Begonia

Tanaman hias gantung begonia / tanamanhias.com

Begonia adalah salah satu jenis tanaman hias bunga yang cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung. Begonia ini memiliki bunga yang mirip dengan bunga mawar dan cocok untuk daerah tropis dan subtropis. Begonia termasuk tanaman yang sangat mudah berbunga dan bunganya pun sangat cantik.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penanamannya begonia adalah lingkungan dan perawatannya. Untuk hasil yang optimal begonia sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari karena tanaman ini menyukainya. Selain itu media tanam yang digunakan harus dijaga kelembabannya agar tanaman juga tidak kering.

Geranium

Tanaman hias gantung geranium / jenistanaman.com

Tanaman yang sudah popular ini ternyata juga akan lebih menarik jika dijadikan tanaman hias gantung. Geranium memiliki karakteristik bunga yang berwarna dominan merah. Banyak juga jenis dari tanaman geranium ini yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Tanaman ini ternyata juga memiliki manfaat sebagai pengusir nyamuk karena nyamuk tidak menyukai tanaman ini.

Dalam penanaman geranium hal yang perlu diperhatikan adalah suhu lingkungan. Geranium akan tumbuh optimal jika ditanam di lingkungan yang cukup dingin. Pada musim panas geranium harus rutin disiram agar kelembaban dan suhu lingkungan terjaga. Pemupukan juga sangat disarankan jika tanaman sudah mulai berbunga.

Anggrek

Tanaman hias gantung anggrek / mitalom.com

Anggrek termasuk dalam tanaman hias yang paling banyak ditanam. Banyak jenis anggrek yang ada dan Anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan. Anggrek meiliki bunga yang cantik dan warna-warni yang mampu memberikan kesan indah di lingkungan rumah Anda.

Penanaman anggrek sebagai tanaman hias gantung bisa dilakukan dengan mengikat batang dengan tali yang diikat di tembok atau tempat lain yang diinginkan. Selain itu anggrek juga bisa ditumbuhkan dengan pot dan pada bagian akarnya diberi sphagnum moss untuk menjaga kelembaban dan penyedia air tanaman.

Lobelia

Tanaman hias gantung lobelia / tanamanhiasdaun.com

Tanaman jenis lobelia cukup digemari di masyarakat. Selain memiliki kenampakan yang menarik, bunga ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Lobelia memiliki banyak spesies yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Lobelia sangat bagus jika ditanam dan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung namun kelembaban media tanam harus tetap dijaga jangan sampai kering. Penyiraman merupakan faktor penting pertumbuhan tanaman ini. Pupuk yang digunakan bisa dengan pupuk cair dalam jangka waktu sebulan sekali untuk menambah nutrisinya.

Portulaca

Tanaman hias gantung portulaca / benihtanamanmurah.com

Portulaca menjadi tanaman hias yang juga cocok dijadikan tanaman hias gantung. Tanaman ini juga sering disebut sun rose atau moss rose. Bunga yang dihasilkan bisa berjumlah banyak dan warnanya pun beragam. Bunga ada yang berwarna oranye, kuning, merah, merah muda, dan putih. Tanaman ini akan mudah tumbuh lebat dan memnuhi wadah yang digunakan.

Portulaca sebaiknya ditanam di tempat yang bisa terkena sinar matahari langsung namun kelembaban media tanamnya harus tetap terjaga. Dengan kondisi media tanam yang selalu lembab, tanaman dan bunganya akan selalu terlihat segar walau ditanam diletakkan di bawah sinar matahari.