Berbagai Jenis Tanaman Hias Rambat dan Cara Perawatannya

Tanaman hias rambat adalah tanaman yang memiliki sifat tumbuh merambat dan nilai estetika. Terdapat berbagai jenis tanaman yang bisa dijadikan tanaman hias rambat ini. Fungsi dari tanaman hias rambat ini juga beragam, mulai dari menghias pagar, dinding, ataupun sebagai kanopi.

[Baca juga: Mengenal dan Tips Budidaya Tanaman Gantung]

Selain akan menambah nilai estetika lingkungan, tanaman hias rambat juga memiliki berbagai dampak positif lain. Dengan adanya tanaman tersebut maka lingkungan akan terasa lebih asri dan mengurangi tingkat suhu lingkungan. Selain itu, lingkungan rumah tentu akan terlihat lebih cantit. Berikut adalah beberapa contoh tanaman hias rambat yang bisa Anda jadikan pilihan dan tips cara merawatnya.

Morning Glory

Morning glory / Bukalapak

Morning glory merupakan tanaman hias rambat yang sudah cukup populer ditanam. Tanaman ini terkesan ringan dan simpel, tapi bisa tumbuh sangat rimbun. Karakteristik batangnya ringan tetapi tetap kuat dan tidak gampang rusak. Tanaman hias rambat ini bisa Anda manfaatkan untuk menutupi dinding yang sudah lebih dahulu dilengkapi media rambat seperti kayu.

Morning glory memiliki bunga yang bisa berubah warna. Ia akan berwarna ungu kalau di daerah panas yang intensitas cahaya mataharinya tinggi dan berwarna biru jika ditanam di daerah dingin dan kurang cahaya matahari. Perawatannya pun cukup mudah, morning glory ini perlu pemupukan tiap 2-2,5 bulan sekali dan penyiraman setiap 5-7 hari sekali.

Air Mata Pengantin

Air mata pengantin

Air mata pengantin merupakan salah satu tanaman hias merambat yang berfungsi sebagai kanopi. Tanaman ini memiliki daun bercabang serta sistem perakaran umbi. Daunnya nampak tersusun bergantian serta bunga tanaman dapat keluar melalui bagian ujung batangnya. Tanaman ini mudah ditanam, tumbuhnya sangat cepat, bandel pun mudah perawatannya. Namun, karena keindahan bunganya yang berwarna pink dan mudahnya perawatan dan nyaris tanpa pemupukan, kamu bisa menjadikannya sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Mandevilla

Mandevilla / 4-seasons-flower.blogspot.com

Tanaman rambat hias mandevilla bagus untuk rumah berpagar rendah, karena bunga ini mengarah ke atas dan samping, sehingga bisa dinikmati dari atas. Mandevilla suka panas langsung dan air yang cukup serta menyukai tanah gembur dan porus. Namun, khusus mandevilla berwarna pink akan sedikit rentan terhadap serangan nematoda.

Namun pertumbuhan jenis tanaman ini termasuk liar karena agak sulit untuk mengikuti sulurnya. Untuk memastikan tanaman Mandevilla tetap mengikuti bentukan yang diinginkan, langkah yang perlu dilakukan adalah menahannya dengan menggunakan tali.

Ivy

Ivy / jamuin.com

Tanaman Ivy adalah tanaman perennial yang tumbuh merambat dengan proses pertumbuhan yang cepat. Tak hanya pertumbuhannya yang cepat, tanaman ivy juga bisa tumbuh di berbagai medium, seperti di dinding rumah, di batang pohon, atau bahkan penutup tanah kosong di taman.

Tanaman Ivy bermanfaat sebagai pembersih udara dan mengurangi polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzene, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan bahan kimia lain di udara. Meletakkan tanaman tersebut dalam rumah dapat meningkatkan kualitas udara karena menyerap partikel partikel debu.

Tips Merawat Tanaman Rambat

Basmi OPT

Tanaman hias rambat juga memiliki kemungkinan terserang hama atau penyakit tanaman. Jangan ragu memotong daun dan batang yang terkena penyakit atau dihinggapi hama. Segera singkirkan batang tersebut agar tidak menular ke batang lainnya. Bila perlu, pangkas habis hingga pangkalnya, dan hanya sisakan batang utama. Beberapa tanaman justru akan lebih cepat tumbuh kembali tunasnya jika batangnya dipotong.

Pemangkasan

Pemangkasan penting dilakukan. Ranting atau daun yang rusak sebaiknya segera dipangkas agar sinar matahari menjangkau batang yang ada di bagian dalam. Menjarangkan bagian tanaman juga memudahkan air hujan atau air siraman menembus seluruh bagian di dalamnya. Tanaman akan menjadi lebih sehat dan subur sekaligus menghindari munculnya debu dan sarang hewan di bagian dalam tanaman. Pemangkasan juga mencegah batang di bagian dalam menjadi lembap dan berisiko memunculkan jamur.


Baca Artikel Lainnya:

Post Author: Arinda Dwi Yonida

Editor - Mahasiswa Agribisnis UGM - arinda@farming.id.