Biorock, Solusi Terbaik Selamatkan Terumbu Karang

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau yang mencapai 13.466 pulau dengan luas perairan 3.257.483 km2. Letak Indonesia yang berada di kawasan segi tiga terumbu karang dunia, menjadikan Indonesia dipertimbangkan sebagai pusat keanekaragaman terumbu karang dunia dengan luas karang Indonesia yang mencapai 2,5 juta hektar. Diketahui sebanyak 569 jenis karang dari 82 genus ditemukan di Indonesia, jumlah tersebut mewakili 67% dari 845 total spesies karang dunia.

Ekosistem terumbu karang memiliki peranan yang penting bagi kehidupan, di antaranya sebagai pelindung pantai dari hempasan ombak, sebagai tempat tinggal, berlindung, mencari makan serta memijah ikan dan biota laut lainnya. Namun dari waktu ke waktu keberadaan terumbu karang semakin terdesak karena eksploitasi, sedimentasi, anthropogenic, dan global climate change.

[Baca juga: Jenis Alat Tangkap Ikan di Kawasan Terumbu Karang yang Ramah Lingkungan]

Di Indonesia sendiri kondisi terumbu karang yang masih cukup baik banyak ditemukan di perairan Indonesia timur. Saat ini rata-rata kondisi terumbu karang Indonesia yang masih berada pada kondisi sangat baik hanya sekitar 6,39% dan pada kondisi baik sekitar 23,4%. Hal ini menunjukkan bahwa saat ini kondisi terumbu karang Indonesia mulai terancam. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya konservasi untuk menjaga keberadaan terumbu karang di Indonesia. Salah satu upaya konservasi yang mulai banyak dilakukan untuk menyelamatkan terumbu karang adalah dengan teknologi biorock.

Apa itu biorock?

Teknologi biorock adalah proses deposit elektro mineral atau dikenal juga dengan teknologi akresi mineral yang berlangsung di dalam laut. Teknologi biorock ini menggunakan listrik yang umumnya didapat dari solar panel. Aliran listrik arus lemah yang digunakan dalam teknologi biorock dapat mempercepat pengapuran dan karang dapat tumbuh 2-6 kali lebih cepat dari pada pertumbuhan alaminya. Selain itu terumbu karang yang tumbuh di atas struktur biorock memiliki warna yang cerah dan percabangan yang rumpun, serta memiliki ketahanan 50 kali lebih besar terhadap suhu air yang tidak stabil.

Cara kerja biorock

Skema teknologi biorock / Maritimnews

Biorock memiliki struktur yang dibentuk dari besi yang dialiri listrik tegangan rendah -yang cukup aman bagi organisme dan penyelam- dan bekerja menggunakan proses elektrolisis air laut, yaitu dengan meletakkan dua elektroda di dasar laut. Reaksi elektrolitik mendorong pembentukan mineral di struktur katoda, seperti kalsium karbonat dan magnesium hidroksida. Kedua mineral tersebut merupakan struktur dasar dari terumbu karang, akibatnya bibit karang yang ditempelkan pada struktur besi tersebut akan tumbuh lebih cepat.

Selain meningkatkan keanekaragaman hayati, metode biorock juga mengurangi erosi yang menjadi masalah serius bagi terumbu karang. Terjadi penambahan garis pantai sekitar 15 meter dalam beberapa tahun penanaman struktur biorock. Akibat dari melambatnya gelombang laut, pasir pantai akan terdeposit dan membentuk struktur pantai. Tidak hanya itu, medan listrik pada struktur biorock juga menarik banyak biota air seperti ikan, kepiting, kerang,  gurita, lobster dan lainnya.

Biorock di Indonesia

Struktur biorock di Pemuteran Bali / Flickr

Penerapan teknologi biorock pertama yang di lakukan di Indonesia berlokasi di Pemuteran, Bali sejak tahun 2000. Biorock yang ada di Pemuteran diakui situs Biorock© sebagai biorock terbesar dengan tingkat keberhasilan paling tinggi dari puluhan proyek biorock di dunia yang tersebar di Karibia, Samudera Hindia, dan Asia Tenggara.  Sampai tahun 2015 terhitung sekitar 60 struktur telah ditanam di Pemuteran dan berkembang dengan total panjang mencapai 300 meter di area seluas 2 hektar. Keberhasilan ini membuat biorock di Pemuteran Bali ini meraih 5 kali penghargaan lokal dan internasional. Selain itu keberhasilan penerapan biorock di Pemuteran Bali juga menjadi tolak ukur bagi rehabilitasi terumbu karang di Indonesia.

Teknologi biorock ini merupakan jawaban terbaik untuk menyelamatkan keberadaan terumbu karang. Konservasi terumbu karang teknologi biorock  ini diharapkan dapat memulihkan dan mengganti terumbu karang yang telah hilang. Dengan demikian generasi anak cucu kita nanti masih dapat menyaksikan betapa indahnya kehidupan bawah laut.


Baca Artikel Lainnya:

Post Author: Izanatur Rohmah

Leave a Reply

Your email address will not be published.