Budidaya dengan Sistem Hidroponik, Menghasilkan Produk Berkualitas dan Menguntungkan

Hidroponik merupakan suatu sistem budidaya tanaman yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Hidroponik mampu menjadi solusi bagi mereka yang hidup di daerah perkotaan yang tidak memiliki lahan untuk bertanam yang luas. Hidroponik juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan tanaman budidaya dengan kualitas yang lebih bagus dibanding di lahan. Hidroponik ini merupakan cara dan terobosan baru untuk melakukan budidaya tanaman yang memiliki banyak kelebihan dan juga menguntungkan.

Budidaya dengan hidroponik berbeda dengan budidaya pada lahan tanah. Budidaya dengan hidroponik berfokus pada kualitas hasil budidaya. Jenis tanaman yang dibudidaya dengan hidroponik juga akan lebih kelihatan segar dan bersih karena tidak terkena tanah. Namun tidak semua tanaman bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik.

Ada dua cara yang dikenal dalam membuat hidroponik:

  1. Nutrient Film Technique (NFT)

Dengan membuat seperti selokan dari pipa yang dilubangi untuk tempat tanaman. Akar akan langsung terkena air yang sudah dicampur nutrisi hara.

  1. Wick System

Dengan pipa yang dipotong separo dan diletakkan di wadah yang berisi air yang sudah dicampur unsur hara.

Prinsip Dasar Hidroponik

  • Air

Air yang digunakan harus berkadar mineral rendah karena untuk keperluan pengikatan campuran nutrisi untuk tanaman. Jangan menggunakan air yang sudah dicampur bahan lain.

  • Cahaya Matahari

Tanaman hidroponik juga membutuhkan cahaya matahari yang sesuai untuk tumbuhan. Cahaya berfungsi untuk fotosintesis yang memengaruhi fisiologi dan morfologi tanaman.

  • Udara

Udara digunakan untuk pernapasan tanaman (O2) dan juga proses fotosintesis (CO2).

  • Nutrisi

Pemenuhan nutrisi tanaman menjadi sangat penting dalam hidroponik. Nutrisi yang diberikan dan dicampur pada air harus tepat dan dalam jumlah yang mencukupi.

Beberapa kelebihan budidaya dengan hidroponik:

  1. Prospek

Hidroponik dikatakan prospek karena sistem budidaya tanaman mudah dikembangkan. Dengan produk yang dihasilkan lebih berkualitas akan membuat potensi dan peluang dalam pasar. Untuk modal dan keuntungan membuat hidroponik bisa dihitung dan mudah untuk dikembangkan untuk mendapat untung yang lebih besar.

  1. Hemat Tempat

Hidroponik tidak membutuhkan tempat yang luas. Hidroponik bisa dibuat bertingkat yang memiliki kapasitas yang lebih tinggi. Untuk ukuran pipa atau wadah larutan bisa disesuaikan dengan ukuran tanaman yang akan dibudidaya.

  1. Wadah Tanam

Hidroponik tidak selalu menggunakan pipa berukuran besar untuk tempat budidaya. Dengan Wick System bisa menggunakan barang bekas, seperti botol air mineral, toples, ember, dan gelas. Jadi barang bekas tersebut bisa lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi lebih.

  1. Hasil Kualitas

Hidroponik hampir tidak membutuhkan pestisida untuk proses budidaya. Hidroponik biasanya juga dilakukan secara organik tanpa menggunakan pestisida. Dengan demikian produk yang dihasilkan akan lebih memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena lebih sehat dan terjamin. Kuantitas hasil budidaya juga akan lebih tinggi dengan hidroponik.

Peluang Hidroponik

Hidroponik saat ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan penghasil komoditas pangan saja. Hidroponik juga bisa digunakan sebagai hiasan rumah untuk menambah kesan mewah namun tetap alami. Ini bisa menjadi peluang baru bagi para pelaku usaha hidroponik untuk mengembangkan usahanya. Karena memang hidroponik mampu menciptakan tampilan yang bagus dengan menggunakan tanaman dan medianya.

Hidroponik masih terus dikembangkan dan mungkin akan menjadi sistem budidaya pada masa yang akan datang. Mengingat keterbatasan lahan dan masyarakat yang semakin menyadari kualitas bahan pangan mereka. Hidroponik juga tidak berdampak negatif pada lingkungan serta tidak membutuhkan air sebanyak budidaya di lahan tanah.

Video cara pembuatan hidroponik sederhana bisa dilihat di sini.


Baca Artikel Lainnya:

Post Author: Arinda Dwi Yonida

Editor - Mahasiswa Agribisnis UGM - arinda@farming.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.