FAQ

Apakah Farming Donation langsung memberikan dana?

Tidak. Farming Donation hanya menyediakan fasilitas website untuk menggalang dana secara online, kami tidak memiliki dana yang bisa disalurkan. Keberhasilan sebuah penggalangan dana sangat bergantung pada kualitas konten, luas jaringan dan upaya galang dana yang dilakukan.

Apakah ada biaya untuk menggalang dana di Farming Donation?

Anda dapat membuat halaman campaign secara gratis. Untuk setiap donasi yang terkumpul, Farming Donation mengenakan biaya administrasi platform(2%) kecuali untuk kategori bencana alam yang diinisiasi oleh lembaga resmi / NGO (biaya adminisitrasi 0%)

Sebagai social enterprise (Perusahaan bermisi sosial). Farming Donation menggunakan fee ini sebagai penunjang kebutuhan operasional dan pengembangan produk.

Apakah Farming Donation melakukan verifikasi terhadap proposal galang dana yang masuk?

Setiap penggalang dana (campaigner) wajib melampirkan ID KTP, foto diri terbaru, akun social media, dan jika diperlukan akan diwawancarai melalui telfon untuk melewati proses verifikasi.

Jika tidak terverifikasi, maka user tersebut tidak dapat mencairkan donasi yang terkumpul.

Farming Donation juga mewajibkan campaigner membuat update & laporan penggunaan dana melalui halaman campaign Farming Donation.

Sebagai open platform kami tidak bisa sepenuhnya memastikan keaslian dan hasil dari sebuah campaign penggalangan dana.

Untuk itu kami menyarankan donatur untuk berdonasi ke campaign yang dikenal/dipercaya. Campaign yang terpercaya umumnya sudah mendapatkan donatur awal (tidak 0%), memberikan keterangan lengkap beserta kontak, dan aktif menulis update/laporan.

Siapa saja yang bisa menggalang dana di Farming Donation?

Farming Donation memfasilitasi siapa saja yang ingin menggalang dana.

Farming Donation telah digunakan oleh ribuan pengguna mulai dari NGO global, yayasan lokal, komunitas, himpunan alumni, mahasiswa, artis, hingga individu/pribadi yang ingin menggalang dana untuk tujuan sosial, membantu sesama atau menciptakan karya.

Artinya, Anda harus mendapatkan donasi terlebih dahulu dari orang terdekat sebelum menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Contoh galang dananya seperti apa?

Mulai dari galang dana untuk bantuan petani gagal panen panen karena hama, banjir, tanah longsor, kekeringan, dll.

Jadi apa manfaat menggunakan Farming Donation?

Untuk penggalang dana, Farming Donation membuat proses galang dana Anda menjadi:

  • Simple (mudah)
    Buat halaman campaign Anda dalam 5 menit. Setelahnya, seluruh administrasi donasi akan dikelola oleh Farming Donation dan Anda siap menerima donasi melalui 4 rekening bank dan kartu kredit. Tidak perlu lagi membuat catatan donasi secara manual dan menggunakan rekening personal yang rentan tercampur dengan uang pribadi.
  • Transparan
    Tampilkan informasi lengkap tentang campaign Anda di sebuah halaman yang dapat diakses oleh siapa saja secara online. Di halaman tersebut orang dapat melihat jumlah donasi yang terkumpul dan list donatur untuk memastikan donasi mereka sudah diterima.
  • Akuntabel
    Melalui fitur update, setiap perkembangan dari campaign Anda akan langsung terkirim ke alamat email setiap donatur. Pastikan kepercayaan dan amanah donatur terjaga melalui fitur update.
  • Viral
    Karena berbasis online, Farming Donation sangat memungkinkan campaign Anda menjadi viral di social media, dan mendapatkan donatur di luar jejaring Anda.