Hadirkan Keindahan Mawar Setiap Saat dengan Mudah

Memiliki bunga mawar di rumah yang dapat dinikmati keindahan dan wanginya setiap saat menjadi keinginan banyak orang. Masalah klasik dalam soal tanam menanam adalah lahan. Namun jangan khawatir mawar tetap bisa dinikmati dari dalam pot. Kemudian masalah lain datang seperti tanaman yang tidak kunjung berbunga atau hanya beberapa kali berbunga.

Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki pasar yang cukup besar di Indonesia. Biasanya mawar digunakan untuk bunga potong pada karangan bunga, bunga tabur untuk ritual keagamaan dan pernikahan serta untuk bahan baku beberapa produk olahan. Di Indonesia sendiri produksi bunga mawar pada tahun 2014 mencapai 196 juta tangkai menempati posisi kedua dalam kelas bunga setelah bunga krisan. Penyuplai bunga mawar di Indonesia berasal dari perkebunan bunga mawar dan hanya sebagian kecil dari kebun rumahan. Harga bunga mawar di pasaran saat ini mencapai Rp10.000, harga yang sebanding dengan keindahan yang diberikan.

Bagaimana menghadirkan keindahan mawar di rumah anda?

Untuk menghasilkan tanaman mawar pot yang berbunga terus menerus dan jumlah bunga semakin banyak, selain perawatan rutin seperti pemberian nutrisi yang tepat dan cukup, maka teknik penumbuhan tunas ground shoot dan pemangkasan adalah kunci berikutnya. Ground shoot adalah tunas dari pangkal okulasian, tunas yang tumbuh dari pangkal okulasian berdampingan dengan tunas okulasian pertama.

Aef Saefullah – Merah tunas ground shoot ke dua, batang hijau tunas tempelan pertama

Nutrisi yang efektif untuk mawar supaya dapat berbunga banyak, yakni menggunakan pupuk yang lengkap mengandung semua unsur yang diperlukan tanaman. Nutrisi yang dimaksud contohnya adalah AB mix yang tetap paling lengkap unsurnya dari pupuk apapun, tetapi AB mix tersebut yang dibuat khusus untuk bunga, bukan untuk sayuran hidroponik. Karena kebutuhan yang berbeda bisa jadi nanti bunganya tidak muncul malahan yang terjadi adalah terbentuk daun yang lebar dan berwarna hijau, tidak seperti yang diharapkan. Kebutuhan metan pada tanaman mawar disuplai dari tanah yang dipadukan dengan bahan organik.

Teknik pemangkasan juga perlu diperhatikan untuk mengahasilkan bunga berikutnya. Teknik pemangkasan yang tepat memiliki berbagai cara tergantung tujuannya. Untuk tahap pembentukan tunas ground shoot maka cukup buang bunganya saja dan berikutnya setiap tunas yang muncul bukan dari bawah (tunas ground shoot ) maka dibuang terus sampai muncul tunas ground shoot  kedua. Begitu seterusnya sampai didapatkan tunas ground shoot 3 atau 4 sudah cukup bagus, semakin banyak tunas yang didapatkan maka hasil semakin baik.

Setelah tunas ground shoot cukup maka batang tunas yang tadinya panjang perlu dipangkas, misal punya 4 ground shoot  bisa saja yang dipangkas satu per satu bergantian sehingga tanaman terus ada bakal bunga atau dua dan lebih tunas dipangkas bersamaan, maka keunggulannya kita akan mendapat dua atau lebuh bunga yang tumbuh bersamaan dalam waktu yang sama tetapi kekurangannya nanti akan ada masa kekosongan menunggu bunga berikutnya. Teknik pangkasnya adalah dengan menyisakan minimal dua sampai dengan empat pasang daun dari bawah tergantung besar batang, semakin besar batang maka semakin banyak daun yang disisakan. Apabila tunas yang muncul dari ground shoot tetapi ukurannya terlalu kecil maka dibuang dari pangkal saja atau dihilangkan.

Bunga mawar perlu mendapatkan penyinaran matahari penuh untuk mendapat energi yang besar, munculnya batang ground shoot  sangat perlu energi yang diperoleh dari kombinasi penyinaran matahari penuh dan makanan tersedia cukup. Makanan diberikan dalam bentuk cairan artinya penyinaran matahari penuh tapi media cukup lembab oleh air yg berisi pupuk juga. Tetapi apabila hujan jangan sampai terkena air hujan apalagi sampai terus menerus dan juga musuh utamanya adalah kondisi kabut yang basah.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Mari hadirkan keindahan alam dalam rumah anda!


Baca Artikel Lainnya:

Post Author: Emeralda Firdausa Wijaya

Graphic Designer - Young Farmer