Jenis-Jenis Rumput untuk Mempercantik Halaman Rumah

Rumput merupakan salah satu bagian penting untuk mempercantik halaman rumah. Rumput bisa dijadikan pilihan untuk menutup tanah agar tercipta suasana yang sejuk dan asri. Dengan menggunakan rumput juga akan menjaga drainase atau penyerapan air ke tanah jika dibandingkan dengan paving block atau semen. Halaman atau taman akan terlihat lebih sempurna jika tanahnya tertutup dengan rumput.

[Baca juga: Tips Cara Berkebun Hemat di Rumah]

Namun perlu diperhatikan jenis rumput yang akan digunakan. Ada beberapa jenis rumput yang paling banyak dimanfaatkan untuk mempercantik halaman. Dengan mengetahui jenis dan karakteristik rumput ini kita dapat menyesuaikan dengan lingkungan maupun tipe halaman agar kehadiran rumput mampu tumbuh optimal dan sekaligus mempercantik halaman rumah. Berikut beberapa jenis rumput yang paling banyak digunakan untuk mempercantik halaman rumah.

Rumput Gajah

Rumput ini termasuk rumput yang paling murah, mudah tumbuh, dan tahan terhadap pijakan kaki manusia. Selain untuk mempercantik, rumput ini juga sering dijadikan pakan ternak. Pertumbuhan rumput ini cukup cepat sehingga harus rajin dipotong. Rumput gajah masih dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu gajah lokal, hajah mini, dan gajah varigata.

Gajah Lokal
Rumput gajah lokal / geneticseed.com

Jenis rumput gajah lokal sangat mudah ditanam. Karakteristiknya memiliki helai daun yang besar dan kasar sehingg dari segi estetika masih sangat kurang walaupun sangat tahan dari pijakan kaki dan lingkungan yang minim air.

Gajah Mini
Rumput gajah mini / jualo.com

Jenis rumput gajah mini lebih dipilih dari gajah lokal. Hal ini karena karakteristiknya yang lebih terlihat rapi dan kecil serta tetap tahan terhadap pijakan kaki, lingkungan yang kurang mendukung, dan juga penyinaran yang sedikit. Pemotongan bisa dilakukan sebulan sekali untuk menjaga kerapiannya.

Gajah Mini Varigata
Rumput gajah varigata / tamanminimalisku.com

Jenis rumput ini juga ada yang menyebutnya gajah mini putih. Hal ini karena pada setiap helai daunnya terdapat campuran warna putih yang cukup mencolok. Sifat lainnya tidak jauh berbeda dengan jenis rumput gajah yang lain. Dengan keindahan yang lebih tentu saja rumput ini memiliki harga lebih mahal.

Rumput Jepang

Rumput jepang / rooang.com

Rumput jepang menjadi pilihan selanjutnya kebanyakan orang untuk memperindah halamannya. Rumput ini memiliki karakteristik memiliki bentuk yang rapi serta helai daunnya yang kurus dan rapat. Namun Anda harus rajin memangkas rumput ini, karena jika terlalu panjang akan menutup bagian bawah tanaman sehingga akan kekurangan cahaya dan menguning. Pemangkasan bisa dilakukan paling lama sebulan sekali. Pemupukan juga harus lebih banyak dibanding rumput gajah dan bisa dilakukan dua kali dalam sebulan. Rumput ini juga harus mendapat penyinaran matahari lebih banyak.

Rumput Peking

Rumput peking / rumah.com

Rumput peking memiliki karakteristik yang mirip dengan rumput jepang. Perbedaannya terletak pada daunnya yang tumbuh lebih jarang dan teksturnya lebih lembut sehingga akan terlihat lebih rapi. Namun rumput ini tidak tahan pijakan manusia. Rumput ini bisa ditanam di halaman rumah depan yang tidak dilalui atau taman dalam rumah. rumput ini memiliki kelebihan tahan terhadap musim hujan yang lembab.

Rumput Swiss

Rumput swiss / rumah.com

Rumput swiss memiliki karakteristik struktur daun yang paling halus dibanding dengan jenis rumput lain. Namun rumput ini harus mendapat pencahayaan matahari penuh dan tidak tahan di lingkungan yang terlalu lembab jika menginginkan pertumbuhan yang maksimal. Untuk menunjang pertumbuhan bisa dilakukan pemangkasan rutin agar daun tidak terlalu rimbun dan dilakukan pemupukan dengan urea. Hindari penggunaan pupuk kandang karena mampu menumbuhkan jenis rumput yang tidak diinginkan.

Rumput Golf

Rumput golf / Pixabay

Rumput golf memiliki penampilan yang sangat rapi dan menawan. Namun rumput ini membutuhkan penyinaran matahari penuh dan perawatan yang cukup intensif. Rumput golf minimal dipangkas dua minggu sekali dan membutuhkan perlakuan khusus karena rumput ini tidak dapat tumbuh di sembarang tempat. Rumput ini sangat cocok untuk hamparan tanah yang luas dan terbuka.


Baca Artikel Lainnya:

Post Author: Arinda Dwi Yonida

Editor - Mahasiswa Agribisnis UGM - arinda@farming.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.