Tanaman Hias yang Mampu Membersihkan Udara di Rumah

Polusi udara merupakan salah satu masalah yang sampai saat ini belum memiliki solusi yang jitu. Permasalahan ini umumnya terjadi di lingkungan perkotaan dan pemukiman di sepanjang jalan raya atau sekitar kawasan industri. Polusi udara yang terjadi di lingkungan rumah bisa diminimalkan yang salah satunya adalah dengan menanam tanaman hias. Dengan tanaman hias jenis tertentu polusi udara dapat dikurangi namun tetap memiliki nilai estetika yang tinggi.

[Baca juga: Sebegitu Mudahnya Menanam Krisan?]

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) bersama dengan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) pada 1989 menghasilkan bahwa ada beberapa jenis tanaman yang mampu membersihkan udara dalam ruangan. Lebih tepatnya tanaman-tanaman tersebut masuk dalam kategori tanaman hias.

Spider Plant

Spider plant / Livspace.com

Tanaman hias ini memiliki nama ilmiah Chlorophytum comosum. Tanaman ini dikenal dengan nama lili paris dan juga spider plant karena memiliki bentuk yang menyerupai laba-laba. Tanaman ini biasa ditanam di dalam pot dalam ruangan dan mampu memiliki tinggi mencapai 60 cm. Sebagai tanaman pembersih udara tanaman ini mampu menyerap unsur benzena, formaldehida, karbon monoksida, dan xilena. Selain itu tanaman ini mampu menyerap bahan kimia pada industri kulit, karet, dan percetakan.

Lidah Buaya

Lidah buaya / Mediskus.com

Tanaman hias ini memiliki nama lain yang lebih dikenal Aloe vera. Tanaman hias ini dikenal sebagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai penyubur rambut dan penyembuh luka. Selain itu lidah buaya juga sudah mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan. Namun dibalik itu semua ternyata lidah buaya memiliki kemampuan dalam membersihkan udara kotor, seperti menyerap unsur benzena, formaldehida, dan berbagai bahan kimia lainnya.

Herbras

Herbras / Jitunews.com

Tanaman hias ini memiliki nama ilmiah Gerbera daisy. Tanaman ini memiliki nilai estetika yang tinggi karena memiliki bunga yang indah dan warna-warni. Tanaman mampu menghilangkan kandungan polusi trichloroethylene, cocok diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci atau kamar tidur.

Sirih Gading

Sirih gading / Almendah.org

Tanaman hias ini memiliki nama lain Golden pothos. Jenis tanaman ini banyak ditemukan di kawasan Australia dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tanaman ini mampu menyerap kandungan formaldehida dalam ruangan.

Bunga Krisan

Krisan / Bintang.com

Tanaman hias ini juga dikenal dengan nama seruni. Tanaman hias yang satu ini memang dikenal cantik karena memiliki bunga yang berwarna-warni. Selain kecantikannya bunga ini juga memiliki wangi yang khas. Tanaman hias ini akan memberikan kesan rileks jika diletakkan di dalam rumah. Kelebihan lain tanaman ini adalah mampu menyerap kandungan benzena yang biasa ada pada lem, cat, dan deterjen, serta kandungan lain seperti formaldehida.


Baca Artikel Lainnya:

Post Author: Arinda Dwi Yonida

Editor - Mahasiswa Agribisnis UGM - arinda@farming.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.