Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura

Produk hortikultura / Pixabay

Hortikultura merupakan salah satu jenis tanaman yang paling banyak ditanam manusia. Kata hortikultura sendiri berasal sebuah gabungan bahasa latin, hortus yang mengandung arti kebun dan culture yang berarti budidaya. Jadi Hortikultura bisa didefinisikan sebagai cara budidaya tanaman yang dilakukan di kebun atau pekarangan. Hasil yang diberikan tanaman hortikultura ini bisa langsung dimanfaatkan pemilik atau orang yang membudidayakannya. Tanaman hortikultura dapat dibedakan menjadi 4 jenis.

Tanaman Sayur

Sayur merupakan tanaman yang mengandung kadar air yang tinggi dan bisa dikonsumsi baik dalam keadaan segar maupun setelah diolah. Sayur merupakan jenis tanaman yang sudah tidak asing lagi. Bahkan di lingkungan sendiri sayuran mudah sekali untuk ditemui. Hal tersebut karena sayuran merupakan salah satu makanan pokok untuk dimanfaatkan sebagai bahan pangan.

Secara umum tanaman sayur terbagi menjadi 2 macam, yaitu sayuran yang tanaman secara musiman dan sayuran yang ditanam secara tahunan. Sayuran yang ditanam secara musiman hanya bisa dilakukan pada waktu musim tertentu saja. Tanaman yang tumbuh di musim tertentu misalnya bawang merang, bawang putih, wortel, kangkung, lobak, kol, kubis, dan tomat. Sayuran tahunan merupakan sayuran yang bisa di tanam sepanjang tahun tanpa terikat dengan lingkungan atau jenis musim. Contoh sayuran ini adalah melinjo, jengkol, dan petai.

Tanaman Buah

Tanaman buah merupakan semua tanaman yang ditanam dan mampu dipanen untuk diambil buahnya. Tanaman ini merupakan tanaman yang musiman karena tidak setiap kali berbuah. Jenis tanaman buah umumnya dapat hidup belasan hingga puluhan tahun sampai mengalami penurunan produktivitas dan kualitas buahnya. Di samping  itu juga ada jenis tanaman buah yang hanya dapat berbuah sekali dalam satu periode tanaman tersebut, seperti semangka dan melon. Contoh dari tanaman buah ini antara lain seperti jeruk, apel, mangga, durian, dan anggur.

Sekarang masih banyak yang salah dalam mengklasifikasikan antara tanaman buah dan tanaman sayuran, seperti labu siam, mentimun, terong, dan tomat. Untuk membedakan antara tanaman buah dan sayuran terletak pada umur tanamannya. Tanaman buah umumnya memiliki usia yang relatif lebih panjang daripada sayuran. Meskipun ada sayuran yang memiliki bentuk seperti buah, akan tetapi tidak memiliki masa yang panjang. Itulah cara membedakan di antara keduanya.

Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang bukan untuk dikonsumsi hasilnya melainkan untuk diambil keunikan dan keindahannya. Tanaman jenis ini bisa dijualbelikan maupun dinikmati sendiri keindahannya. Tanaman hias yang biasa dimanfaatkan untuk budidaya adalah tanaman yang memang sudah teruji dari segi keindahan, kecantikan, bentuk, dan manfaatnya. Tanaman hias memiliki fungsi utama untuk menambah nilai estetika pada suatu tanaman atau pada sebuah ruangan dan lahan taman.

Tanaman hias terbagi menjadi beberapa jenis seperti tanaman hias bunga, tanaman hias daun, dan tanaman hias batang. Tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang memiliki keindahan ataupun keunikan pada bunganya, seperti mawar, anggrek, melati, dan kamboja. Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang keindahannya terdapat pada bentuk daun yang unik dan indah baik ditinjau dari segi warna, corak maupun bentuknya, seperti anthurium, aglonema, puring, dan bugenvil. Tanaman hias batang adalah tanaman hias yang nilai estetikanya terdapat pada batangnya yang unik serta berbeda dari tanaman jenis lainnya, seperti bonsai, kaktus mini, dan beberapa jenis bambu.

Tanaman Obat

Tanaman obat merupakan jenis tanaman yang memiliki manfaat dan fungsi yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit maupun dalam pencegahan penyakit. Tanaman obat saat ini telah berkembang di masyarakat dengan banyaknya dibangun tanaman obat keluarga atau biasa disingkat dengan TOGA. Terdapat banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat, antara lain jahe, kunyit, daun dewa, daun sirsak, dan daun sirih.

Tanaman obat yang biasa digunakan bisa berasal dari tanaman obat yang tumbuhnya secara liar ataupun yang memang sengaja ditanam sendiri. Tanaman obat juga merupakan salah satu ramuan paling penting dalam produk-produk obat herbal. Tanaman yang menjadi obat herbal tersebut hasil dari ekstraksi bagian tanaman tersebut. Penggunaan tanaman obat bisa dengan cara meminumnya, dihirup, ataupun ditempel sehingga manfaatnya bisa memenuhi konsep kerja reseptor sel dalam menerima senyawa kimia atau reseptor.