Jenis-Jenis Tanaman Pangan

Padi / Pixabay

Tanaman pangan adalah segala jenis tanaman yang di dalamnya terdapat karbohidrat dan protein yang dapat digunakan sebagai sumber energi bagi manusia. Tanaman pangan merupakan tanaman pokok manusia untuk dikonsumsi dan menjadi sumber energi. Pada umumnya tanaman pangan termasuk dalam tanaman musiman atau yang mampu menghasilkan dalam waktu semusim saja.

Tanaman pangan menyebar secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Namun juga terdapat beberapa daerah yang menjadi sentra pengembangan tanaman pangan tertentu. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat dalam mengembangkan tanaman pangan tertentu dan kesesuaian kondisi lingkungannya. Misalnya di Provinsi Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menjadi sentra produksi beras. Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur adalah sentra produksi untuk kedelai.

Tanaman pangan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

  1. Serealia

Serealia adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen dan dimanfaatkan bijinya atau sebagai sumber karbohidrat. Sebagian besar serealia termasuk dalam anggota suku padi-padian yang biasa disebut sebagai serealia sejati. Tanaman serealia umumnya diperbanyak dengan biji serta dapat dibudidayakan di lahan sawah atau lahan kering. Salah satu usaha untuk mencapai hasil yang optimal untuk jenis serealia adalah menanam varietas yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Sampai saat telah banyak dihasilkan varietas untuk setiap jenis tanaman serealia. Tanaman serealia yang banyak dikonsumsi manusia antara lain, padi, jagung, jelai, gandum dan gandum hitam.

  1. Biji-Bijian

Biji-bijian adalah segala tanaman penghasil biji-bijian yang bisa menjadi sumber energi utama manusia. Tanaman ini merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh karena mengandung beragam nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada banyak jenis biji-bijian yang bisa dipilih sebagai camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Biji-bijian tidak menjadi makanan pangan utama karena produksi per luas lahan jauh lebih sedikit sehingga menjadi lebih mahal dibandingkan serealia dan umbi. Sehingga biji-bijian menjadi makanan pangan tambahan saja. Tanaman biji-bijian yang sering kita konsumsi antara lain seperti kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau.

  1. Umbi-Umbian

Tanaman umbi-umbian adalah tanaman yang ditanam untuk dipanen umbinya. Tanaman umbi-umbian termasuk dalam tanaman pangan karena satu organ dari tumbuhan yang merupakan modifikasi dari organ lain mampu berfungsi sebagai penyimpan zat tertentu yang pada umumnya karbohidrat sebagai sumber energi utama manusia. Organ yang dimodifikasi dapat berupa daun, batang, atau akar. Bentuk modifikasi ini biasanya adalah pembesaran ukuran dengan perubahan anatomi yang sangat jelas terlihat. Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah. Tanaman umbi-umbian umumnya diperbanyak dengan stek serta umumnya ditanam di lahan kering. Tanaman umbi-umbian yang biasa dimanfaatkan manusia antara lain seperti ubi kayu atau singkong, ubi jalar, talas, wortel, dan kentang.

  1. Jenis Tanaman Lainnya

Selain tanaman serealia, biji-bijian, dan umbi-umbian, ada juga tanaman lainnya yang dapat dijadikan sebagai alternatif tanaman pangan yang mampu menjadi sumber energi manusia. Tanaman tersebut seperti sagu yang diambil batangnya dan sukun yang merupakan buah.