Kampanye Ayo Makan Ikan Selalu Digalakkan oleh Bu Susi

Salah Satu Poster Ayo Gemar Makan Ikan/ KKP

Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki garis pantai yang panjang sehingga wilayah laut di Indonesia cukup luas. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki potensi terhadap produksi perikanan. Selain itu, wilayah laut Indonesia dikenal sebagai jalur migrasi ikan – ikan pelagis kecil maupun besar seperti jenis ikan tongkol hingga jenis ikan tuna. Laut di Indonesia juga memiliki ikan – ikan karang yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Beraneka ragam jenis ikan hidup di laut Indonesia sehingga dengan adanya diversitas ikan yang tinggi yang hidup di laut Indonesia membuat Indonesia memiliki produksi perikanan yang tinggi untuk dimanfaatkan.

Sayangnya yang terjadi di Indonesia saat ini adalah nilai konsumsi ikan per kapita per tahun yang masih rendah dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang memiliki wilayah laut yang lebih kecil dibanding wilayah laut yang dimiliki Indonesia. Hal ini membuat Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti, terus menggalakkan masyarakat Indonesia untuk gemar makan ikan.

Ikan memiliki kandungan gizi tinggi terutama protein yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan perkembangan kecerdasan otak. Sehingga di negara – negara maju seperti Jepang, Cina dan Singapura lebih banyak mengonsumsi ikan dikarenakan edukasi mengenai pengetahuan akan gizi dan pentingnya mengonsumsi ikan bagi tubuh sudah diketahui masing – masing individu masyarakatnya. Untuk itu kita sebagai negara yang memiliki produksi perikanan yang cukup tinggi juga harus meningkatkan nilai konsumsi ikan di negara kita ini. Dengan memanfaatkan sumber daya pangan yang kita miliki, kita tidak akan bergantung ke negara lain dengan mengimpor bahan pangan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan saat ini memiliki program – program besar untuk meningkatkan produktivitas sektor perikanan dan kelautan di Indonesia sebagai bentuk pula untuk meningkatkan produksi perikanan dan kelautan Indonesia serta menggalakkan kampanye gemar makan ikan adalah sebagai bentuk untuk meningkatkan konsumsi ikan di Indonesia. Kampanye gemar makan ikan ini sudah sering digalakkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, melalui berbagai media penyiaran, cetak maupun media sosial seperti yang sering dilakukannya di media sosial pribadinya twitter @susipudjiastuti dengan membuat tweet menarik seperti salah satu pernyataan yang menarik dan dikenal masyakarat luas “Ayo makan ikan. Jika tidak makan ikan akan saya tenggelamkan”.

Selain itu, Susi Pudjiastuti juga aktif membagikan foto dirinya disaat makan ikan bersama nelayan dan masyarakat pesisir pada saat kunjungan di beberapa tempat Indonesia di media sosial pribadinya seperti twitter maupun Instagram. Seperti yang terjadi pada tanggal 21 November 2018 kemarin disaat memperingati Hari Ikan Nasional Ke-5, Susi Pudjiastuti juga aktif menggalakkan kampanye gemar makan ikan di media sosial pribadinya.

Oleh karena itu, ayo seluruh masyarakat Indonesia berbagi edukasi akan pentingnya makan ikan dan ayo ikut serta menggalakkan kampanye gemar makan ikan demi terciptanya masyarakat yang sehat dan cerdas. Ingat jika tidak makan ikan akan ditenggelamkan.