Laut Nusantara, Inovasi Digital Mudah dan Murah untuk Nelayan

Aplikasi Laut Nusantara untuk nelayan / Apps Store Android

Di era digital saat ini, segala sektor termasuk pertanian, perkebunan, maupun perikanan sudah mulai melakukan pengembangan penggunaan inovasi digital untuk memudahkan proses produksi. Era digital modern ini bertujuan untuk memudahkan segala urusan atau kegiatan menjadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Selain itu, inovasi digital saat ini juga dikembangkan untuk memberikan produktivitas yang tinggi dengan modal yang rendah. Penelitian riset dan pengembangan sumber daya mengenai inovasi digital telah didukung oleh pemerintah dengan tujuan meningkatkan produktivitas masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan pula pendapatan demi kesejahteraan masyarakat.

[Baca juga: Kesiapan Sektor Pertanian dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0]

Dari sektor perikanan, salah satu inovasi digital yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan pihak – pihak lain yaitu Aplikasi Laut Nusantara. Aplikasi Laut Nusantara merupakan aplikasi berbasis android untuk nelayan yang dikembangkan oleh Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) yang bekerja sama dengan PT XL Axiata, Tbk dengan tujuan untuk mendukung aktivitas kenelayanan dalam memperoleh akses secara cepat, tepat, dan murah. Inovasi digital ini telah dirancang selama 5 bulan yang kemudian diluncurkan oleh PT XL Axiata, Tbk sebagai aplikasi kedua kenelayanan yang diharapkan dapat maksimal meningkatkan hasil tangkapan dan produktivitas kerja sebagai bentuk mempersiapkan nelayan memasuki era digital.

Aplikasi Laut Nusantara adalah salah satu inovasi digital yang diluncurkan sebagai produk riset inovatif unggulan di bidang perikanan. Balai Riset dan Observasi Laut berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yaitu nelayan dengan turut mencerdaskan melalui inovasi-inovasi terbaru dan modern yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan nelayan. Peluncuran inovasi aplikasi berbasis android Laut Nusantara ini juga sebagai bentuk dukungan BROL terhadap kampanye “Gerakan Menghadap Laut dan Our Ocean Conference 2018”. Selain itu, peluncuran aplikasi ini adalah bentuk dukungan terhadap terwujudnya tiga pilar riset kelautan yang terdiri dari research excellent, masyarakat industri, dan education.

Peluncuran Aplikasi Laut Nusantara diselenggarakan dalam acara Inovasi Bahari di Aula Gedung Observasi Laut Nasional yang dihadiri oleh kurang lebih 80 undangan yang terdiri dari para mitra BROL, yaitu PT XL Axiata, Tbk; masyarakat nelayan; Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM); Akademisi Perguruan Tinggi; UPT lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan; serta Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) seluruh wilayah Provinsi Bali. Setelah peluncuran, BROL bersama PT XL Axiata, Tbk mengimplementasikan berupa sosialisasi secara langsung dan teleconference kepada 1.300 nelayan di seluruh Indonesia.

Aplikasi Laut Nusantara ditargetkan untuk nelayan yang menggunakan kapal di bawah 30 GT. Aplikasi Laut Nusantara ini dapat membantu nelayan kecil untuk mengetahui informasi titik daerah penangkapan ikan, gelombang, angin, dan cuaca serta harga ikan di pelabuhan. Selain itu aplikasi berbasis android ini juga memuat informasi mengenai jarak posisi ke titik tujuan, jumlah hasil tangkapan, jenis-jenis ikan tangkapan, dan informasi mengenai kebutuhan operasional seperti kebutuhan BBM, serta terdapat contact person yang terhubung langsung kepada pihak BROL untuk dapat membantu jika nelayan mengalami kesulitan atau kurang jelas mengenai informasi atau penggunaan aplikasi tersebut.

Beberapa fitur dalam aplikasi akan dikembangkan lebih lengkap lagi untuk memudahkan operasional untuk menangkap ikan dan meminimalisir biaya operasional nelayan dalam penggunaan bahan bakar. Aplikasi Laut Nusantara sudah dapat diunduh secara gratis di apps store dan dapat di-install di ponsel berbasis sistem android untuk kemudian dapat digunakan dalam mengakses informasi yang tersedia dari seluruh wilayah Indonesia.