Maraknya “Illegal Wildlife Trade” Mengancam Kepunahan Satwa Laut

Pari manta di perairan Raja Ampat / Pinterest

Illegal wildlife trade atau dikenal sebagai perdagangan ilegal satwa liar ini masih marak dilakukan di kalangan masyarakat. Satwa liar yang menjadi targetnya adalah satwa yang dilindungi oleh undang – undang yang dilarang untuk diburu dan diperjual belikan (diperdagangkan).  Berdasarkan informasi dari WWF Indonesia, bahwa Indonesia menjadi bagian dari pusat perdagangan beraneka ragam satwa liar yang dilindungi secara global sebagai sumber, jalur transit, dan pasar penjualan satwa liar yang terancam punah dan bernilai tinggi.

Kegiatan perdagangan satwa liar ini mencakup juga satwa liar yang ada di laut. Jenis satwa laut yang marak ditangkap untuk diperdagangkan adalah penyu, hiu, dan pari manta. Ketiga jenis satwa laut ini marak ditangkap untuk diperdagangkan dan dikonsumsi. Hiu dan pari manta banyak diperdagangkan dan diekspor ke negara Cina yang dipercaya sebagai obat tradisional. Sedangkan penyu banyak ditangkap kemudian dikonsumsi untuk acara adat di daerah Mentawai. Padahal ketiga jenis satwa laut ini memiliki tingkat reproduksi yang rendah. Oleh sebab itu, peningkatan penangkapan yang dilakukan tidak sebanding dengan jumlah mereka yang ada di alam. Hal tersebut mengakibatkan kehidupan hiu, penyu dan pari manta terancam punah.

Peraturan pemerintah daerah, kementerian, undang- undang, bahkan peraturan global untuk melindungi satwa laut ini sudah dibuat. Namun sayangnya, regulasi – regulasi tersebut diacuhkan oleh beberapa masyarakat yang masih melakukan perdagangan satwa liar tersebut, sehingga mereka melakukan kegiatan tersebut secara ilegal. Kegiatan ini akan tetap berlangsung selama permintaan masyarakat yang berminat untuk mengonsumsi ketiga satwa laut ini masih tinggi.

Oleh karena itu, WWF Indonesia menggalakkan kampanye “Indonesia says no to illegal wildlife trade”. Hal tersebut dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk tidak berkontribusi dalam perdagangan ilegal satwa liar sebagai bentuk upaya melindungi satwa – satwa liar yang kian terancam akibat perdagangan ilegal satwa tersebut. Upaya melindungi satwa – satwa yang terancam punah adalah juga sebagai bentuk untuk menyelamatkan generasi manusia di masa depan.

Jangan lupa tunjukkan dukungan kalian melalui bit.ly/STOPIWT