Jenis Tanaman Sayur yang Cocok untuk Hias Pekarangan

Sawi dalam pot / ayogardening.blogspot.com

Luas pekarangan yang sempit tidak lagi menjadi alasan untuk tidak melakukan kegiatan bercocok tanam. Banyak cara untuk tetap bisa memanfaatkan pekarangan yang sempit untuk bercocok tanam, salah satunya adalah menanam dengan menggunakan pot. Banyak jenis tanaman yang bisa ditanam dalam pot ini yang salah satunya adalah jenis sayur.

[Baca juga: Berbagai Cara Mudah Menanam Sayur di Lingkungan Rumah]

Menanam sayur dalam pot adalah sauh satu trik untuk tetap bisa menghasilkan sayur yang bisa dikonsumsi sendiri dan sekaligus mampu menjadi tanaman hias yang mampu mempercantik pekarangan. Jika Anda adalah seseorang yang hobi bercocok tanam, maka menanam sayur ini juga menjadi pilihan yang tepat karena masa pertumbuhannya yang cepat dan Anda dapat memanennya. Ada beberapa jenis sayur yang memiliki estetika lebih jika ditanam dalam pot dan tetap menghasilkan.

Sawi

Sawi bisa menjadi pilihan pertama karena sangat cocok ditanam di dalam pot dan memiliki masa tanam hingga panen yang singkat. Tampilan tanaman sawi yang subur juga akan memberikan kesan hijau dan asri untuk lingkungan. Anda akan mendapat nilai estetika lebih jika menanamnya dalam jumlah yang banyak. Menanam sawi dalam pot cenderung mudah tumbuh dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Tanaman sawi juga memiliki kandungan gizi yang sehat untuk dikonsumsi.

Kangkung

Kangkung merupakan sayur yang sangat digemari masyarakat. Jenis sayur satu ternyata juga bisa ditanam dalam pot dan tetap akan tumbuh subur. Selain itu tanaman sayur dalam pot juga akan memiliki nilai estetika karena bentuk tanamannya yang tumbuh tegak dan berwarna hijau segar. Jika ditanam dalam beberapa pot dan ditata maka akan menambah kesan indah pada lingkungan rumah. Kangkung juga mudah tumbuh dan tidak banyak membutuhkan perawatan. Hasil panennya pun dapat dikonsumsi sendiri sehingga bisa menambah kepuasan.

Selada

Selada bisa menjadi salah satu pilihan sayur yang akan ditanam di dalam pot. Menanam selada dalam pot di pekarangan juga bisa menambah keindahan. Selada yang berwarna hijau serta bentuk daun yang unik dan lebar akan memberikan kesan tersendiri jika ditanam dalam pot. Selada ini biasanya dimanfaatkan sebagai isi roti, salad, dan garnish makanan. Selada ini membutuhkan lingkungan yang lembab untuk dapat tumbuh optimal, sehingga Anda harus rajin untuk menyiramnya.

Bayam

Bayam juga menjadi salah satu sayur yang banyak digemari dan dikonsumsi. Selain dapat dikonsumsi hasilnya, bayam juga bisa menjadi tanaman yang mampu membuat pekarangan lebih asri dan hijau. Bayam ini dikenal kaya akan kandungan zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Penanam bayam dalam pot juga mudah dan akan cepat tumbuh. Masa tanam sampai panen bayam juga pendek singa Anda dapat sering merasakan hasilnya.

Seledri

Seledri termasuk tanam sayur yang bisa ditanam dalam pot. Bentuk tanaman yang unik serta warna hijaunya akan menambah keindahan pekarangan, apalagi jika ditanam di beberapa jumlah pot. Seledri bisa dipanen hasilnya untuk keperluan memasak karena bisa menambah cita rasa yang khas. Seledri yang ditanam dalam pot pun juga bisa diletakkan dimana saja tanpa merusak pemandangan.

Dari beberapa pilihan sayur di atas, Anda tetap jangan lupa melakukan perawatan walaupun tidak secara intensif, seperti penggemburan tanah dan pemupukan. Pupuk yang diberikan bisa berupa pupuk kandang atau kompos. Hal ini untuk menunjang pertumbuhan tanaman sayur sehingga bisa mendapat kuantitas dan kualitas yang terbaik.