Menengok Jasa Pelatihan Pertanian Organik di Yogyakarta – Caping Merapi

Caping Merapi / Dokumentasi Pribadi

Pertanian organik sudah bukan menjadi hal yang asing bagi masyarakat. Jasa pelatihan pertanian organik pun mulai banyak dicari banyak orang, baik untuk mempelajari sistem budidaya maupun kualitas produk yang dihasilkannya. Pertanian organik dipilih karena mampu menghasilkan produk yang lebih sehat dan tahan lama. Kualitas yang dihasilkan dari produksi pertanian organik jauh lebih tinggi dibanding non organik.

[Baca juga: Pelatihan Urban Farming Jogja – Caping Merapi]

Saat ini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya kualitas bahan pangan yang mereka konsumsi. Bahan pangan organik sudah menjadi tren masyarakat, terutama di daerah perkotaan. Munculnya tren urban farming juga dilatarbelakangi oleh gemparnya isu pertanian organik. Dengan konsep urban farming, maka kebutuhan rumah tangga akan bahan pangan organik yang kualitasnya terjamin dapat terpenuhi sendiri.

Salah satu penyedia jasa konsultasi dan pelatihan pertanian organik di Yogyakarta adalah Caping Merapi. Caping Merapi merupakan salah satu kebun agroedukasi terbaik di Jogja. Produk utama yang ditawarkan oleh Caping Merapi berupa pelatihan pertanian organik, bisa dalam bentuk budidaya sayur organik, urban farming, sampai dengan pengolahan hasil panen. Caping Merapi juga menyediakan bibit, benih, dan aneka macam jenis sayuran alami.

PELATIHAN

Pelatihan pertanian organik di Caping Merapi bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta baik anak-anak, remaja, dan dewasa mengenai praktik budidaya organik. Fokus kegiatan pelatihan yang diadakan adalah tentang urban farming. Kegiatan pelatihan dari Caping Merapi bisa diikuti oleh pelajar, organisasi, instansi, maupun masyarakat umum.

Pelatihan di Caping Merapi

Caping Merapi juga biasa memberikan pelatihan atau edukasi untuk anak. Aktivitas pada kegiatan ini berupa pengenalan budidaya sayur sehat, praktik menanam dan melukis media tanam, sampai dengan kegiatan petik sayur. Kegiatan Edukasi Anak akan dibimbing oleh praktisi yang mampu menyampaikan materi secara menyenangkan dan tetap edukatif.

Bagi para petani atau penggarap lahan, di Caping Merapi juga bisa memberikan jasa pelatihan khusus. Kegiatan untuk petani ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi, menciptakan pangan sehat dan perbaikan kualitas lingkungan, produktif di pekarangan terbatas, menciptakan kemandirian budidaya. Pelatihan yang dilakukan mulai dari pelatihan dasar budidaya, pelatihan budidaya bertani organik, pelatihan urban farming, serta pembuatan aneka pupuk dan pestisida alami.

KEBUN AGROEDUKASI

Total luas lahan yang dimiliki Caping Merapi sekitar 2,5 hektar. Lahan dibagi menjadi beberapa konsep, ada lahan yang dimanfaatkan untuk budidaya beraneka tanaman hias, budidaya tanaman pangan atau sayur, urban farming, ternak kelinci, greenhouse, tempat pelatihan, sampai dengan playground untuk anak-anak. Kebun agroedukasi Caping Merapi sudah sangat ideal jika digunakan sebagai tempat belajar sekaligus praktik tentang dunia pertanian secara luas.

Kunjungan ke Caping Merapi

Pelatihan atau kunjungan kebun di Caping Merapi biasa dilakukan secara edukatif dengan keliling kebun sayur dan urban farming. Selain itu, akan ada penjelasan mengenai manfaat dan kegunaan sayur atau buah. Pengunjung juga bisa diberi kesempatan jika ingin petik sayur sendiri. Pada kegiatan kunjungan kebun ini juga akan dijelaskan potensi pertanian organik potensi usaha agribisnis. Testimoni positif pun banyak diberikan peserta pelatihan maupun pengunjung yang hanya ingin menikmati suasana kebun di Caping Merapi.