Mengenal Perbedaan Jenis Tumbuhan Biji Dikotil dan Monokotil

Tumbuhan dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai macam dasar perbedaan. Jenis-jenis tumbuhan yang dikenal ini pun bisa bermacam-macam. Salah satu bentuk perbedaan jenis tumbuhan yang dikenal adalah tumbuhan biji dikotil dan monokotil. Biji merupakan alat perkembangbiakan yang diproduksi tumbuhan berbunga untuk dapat menghasilkan keturunan baru. Biji dihasilkan setelah terjadi pembuahan pada bunga, pembuahan diawali dengan jatuhnya serbuk sari pada kepala putik dan terjadinya penyatuan gamet jantan dan gamet betina tumbuhan.

[Baca juga: Macam-Macam Cara Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif]

Masing-masing tumbuhan biji dikotil dan monokotil memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakan. Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil ini dapat dilihat dari perbedaan ciri fisik yang terdapat pada keduanya. Dasar pembeda dari tumbuhan monokotil dan dikotil terletak pada jumlah bijinya. Tumbuhan monokotil adalah tanaman berbiji satu atau jika dalam bahasa latin disebut monocotyledonae. Sedangkan tumbuhan dikotil adalah tumbuhan berbiji ganda. Jika dalam bahasa latin, disebut sebagai dicotyledonae. Tumbuhan dikotil umumnya ditemukan pada tanaman dengan subdivisi angiospermae, karena jenis tanaman ini mempunyai bentuk bunga yang sebenarnya.

Perbedaan Jumlah Keping Biji Tumbuhan

Jumlah keping biji atau kotiledon dari tumbuhan monokotil dan dikotil ini berbeda. Pada tumbuhan monokotil keping biji berjumlah satu buah, dan pada tumbuhan dikotil jumlah keping biji yang dimiliki ada dua buah.

Perbedaan biji dikotil dan monokotil / atom-green.blogspot.co.id
Perbedaan Batang Tumbuhan

Pada tumbuhan monokotil, terdapat batang lembaga atau koleoptil. Batang lembaga ini tidak ditemukan pada dikotil. Selain itu, pertumbuhan batang dan secara keseluruhan dari tumbuhan monokotil tidak dapat berkembang membesar. Sedangkan untuk tumbuhan dikotil, batang dan ukuran keseluruhan tanamannya bisa berkembang hingga membesar. Perbedaan lain, pada tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium, baik kambium pada akar maupun pada daunnya. Sedangkan untuk tumbuhan dikotil, ditemukan adanya kambium.

Perbedaan Akar Tumbuhan

Perbedaan tumbuhan biji monokotil dan dikotil dapat dilihat jelas dari ciri fisiknya, yaitu pada bentuk akar. Akar pada tumbuhan monokotil mempunyai sistem serabut, sedangkan akar tumbuhan dikotil mempunyai akar tunggang.  Selain itu, pada akar tumbuhan monokotil terdapat kalipatra atau tudung akar. Sementara untuk tumbuhan dikotil tidak ditemukan adanya kaliptrogen yang membentuk tudung akar ini.

Perbedaan Jumlah Kelopak Bunga Tumbuhan

Jumlah kelopak bunga tumbuhan monokotil dan dikotil juga berbeda dan ini menjadi ciri khas tersendiri. Pada tumbuhan monokotil, umumnya memiliki jumlah kelopak bunga dengan kelipatan tiga. Seperti tiga, enam, sembilan, dan seterusnya. Sementara pada tumbuhan dikotil, kelopak bunga yang dimiliki memiliki jumlah kelipatan empat hingga lima.

Perbedaan Pola Tulang Daun Tumbuhan

Dilihat dari pola tulang daunnya, tumbuhan monokotil memiliki tulang daun yang nampak jelas berbentuk melengkung atau bisa juga dikatakan sejajar. Untuk pola daun pada tumbuhan dikotil bentuknya lebih seperti menjari atau menyirip.

Contoh Tumbuhan

Contoh tumbuhan biji monokotil adalah tanaman jagung, padi, tebu, dan rumput. Contoh tumbuhan biji dikotil misalnya ada tanaman salak, ketela, mangga, dan belimbing.

Tumbuhan Monokotil Tumbuhan Dikotil
Biji berkeping satu Biji berkeping dua.
Letak pembuluh angkut menyebar. Letak pembuluh angkutnya teratur.
Batang tidak bercabang-cabang atau lurus. Batang umumnya bercabang-cabang.
Tidak memiliki kambium. Memiliki kambium.
Bagian-bagian bunga, atau mahkota bunga berjumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya. Bagian-bagian bunga memiliki jumlah 3 atau kelipatannya.
Akarnya berupa serabut. Akarnya berupa tunggang.
Mengalami pertumbuhan primer saja. Mengalami pertumbuhan primer dan sekunder.
Tulang daun sejajar atau melengkung. Tulang daun menjari atau menyirip.

 


Baca Artikel Lainnya:

Post Author: Arinda Dwi Yonida

Editor - Mahasiswa Agribisnis UGM - arinda@farming.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.