Pasar Tani, Hadir Setiap Jumat di Fakultas Pertanian UGM

Pasar Tani / Ayu Muryasani

Pasar tani merupakan tempat dimana pelaku usaha dapat menjual hasil panennya secara langsung ke konsumen. Di sini pelaku usaha dapat mempromosikan produk atau hasil panennya.

Pasar tani diadakan di Gazebo, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 08.00-12.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat untuk pemberdayaan petani binaan dan peserta Penumbuhan Wirausahaan Muda Pertanian, sehingga pelaku usaha berasal dari kalangan petani maupun mahasiswa.

Penumbuhan Wirasusahaan Muda Pertanian (PWMP) adalah program yang dicanangkan menteri pertanian pada bulan Maret 2016 , bertujuan untuk meningkatkan minat dan peran pemuda dalam usaha di sektor pertanian. salah satu yang melatarbelakangi program ini adalah rendahnya lulusan pertanian yang memilih bekerja di sektor pertanian.

“Kegiatan Pasar Tani Pertanian UGM ini sudah berlangsung sejak Desember 2016, produk yang dijual bisa berupa olahan salah satunya olahan dari tepung mokaf ” imbuh Himawan, alumni pertanian UGM sebagai peserta Penumbuhan Wirasusahaan Muda Pertanian.

Pada awalnya, pasar tani pertanian UGM dilaksanakan saat Lustrum Pertanian UGM sebagai wadah untuk peserta PWMP yang berjumlah 20 kelompok dari Fakultas Pertanian maupun Fakultas Peternakan UGM. Namun, karena apresiasi dari peserta dan masyarakat yang baik, kegiatan dikembangkan dengan mengajak petani binaan dan relasi Fakultas Pertanian UGM.

“Pasar tani menjual aneka ragam hasil panen, seperti beras organik, sayuran maupun buah-buahan” tutur Imas Mahasiswa Pertanian UGM peserta PWMP. “Petani binaan Fakultas Pertanian UGM berasal dari daerah Imogiri untuk beras organik dan sayuran dari daerah Merbaru” lanjutnya.

Manfaat dari pasar tani ini kita dapat langsung bertemu dengan pelaku usaha untuk menjamin kualitas produk. Produk lebih berkualitas karena merupakan hasill panen dan olahan sendiri serta mendukung program pemerintah untuk menumbuhkan wirausahaan muda di bidang pertanian.

Saat ini, konsumen Pasar Tani Pertanian masih berasal dari lingkungan Fakultas Pertanian baik dosen maupun mahasiswa. Untuk itu, perlu dilakukan promosi ke masyarakat umum.

Ayo kunjungi Pasar Tani Pertanian UGM sebagai bentuk apresiasi kita terhadap petani dan wirausahaan muda! Mari berkarya!