Tanaman Hias yang Mudah Ditanam dan Tahan Panas

Berbagai tanaman hias / Pexels

Tanaman hias yang tumbuh di pekarangan memang dapat memperindah lingkungan rumah. Selain itu tanaman hias juga mampu menyaring dan membersihkan udara di sekitar rumah. Ada berbagai jenis tanaman hias, dari mulai yang berbunga maupun tidak berbunga. Masing-masing tanaman hias tersebut akan tumbuh baik dan indah apabila ditanam dalam kondisi lingkungan dan perawatan tertentu, seperti penyiraman dan pemupukan intensif.

[Baca juga: Tips Budidaya Kamboja, Bunga Sejuta Penikmat]

Tidak semua orang tidak memiliki waktu yang cukup untuk itu melakukan perawatan tanaman hias secara intensif. Oleh karena itu untuk menyiasatinya ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa dibilang mudah ditanam ataupun dibudidayakan. Jenis tanaman berikut ini dapat tetap tumbuh baik di lingkungan di lingkungan yang panas dan tanpa perawatan intensif. Tanaman ini juga cocok untuk ditanam di lingkungan perkotaan yang kondisi lingkungannya relatif panas dan kering.

Kaktus

Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki ciri khas, yaitu daun yang berbentuk duri. Terdapat beberapa jenis tanaman kaktus yang bisa dijadikan tanaman hias, seperti jenis centong, kubis, anggur, ariocarpus, dan Golden barrel. Tanaman kaktus tersebut termasuk dalam tanaman hias yang tahan panas dan mudah ditanam. Hal ini karena memang habitat asli dari tanam kaktus adalah gurun. Tanaman ini mampu hidup di lingkungan kering karena dapat menyimpan air dan sedikit melakukan penguapan karena daunnya yang berbentuk duri.

Palem

Tanaman jenis palem ini sudah umum ditanam untuk menghias pekarangan rumah. Palem hanya perlu perawatan saat umurnya masih muda, jika sudah besar dan tua tanaman ini tidak memerlukan perawatan karena sudah mampu memenuhi nutrisi sendiri dari tanah. Ukuran jenis dari tanam palem juga beraneka ragam sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran pekarangan.

Bunga Kertas/Bougenville

Tanaman yang memiliki bunga warna-warni ini termasuk dalam tanaman yang mudah ditanam dan tahan lingkungan panas. Bunga kertas mampu tetap berdaun lebat saat musim kemarau. Bunga kertas juga tidak memerlukan perawatan intensif, tanaman hias ini akan tetap tumbuh cantik untuk memperindah lingkungan rumah.

Kamboja

Kamboja memiliki bunga yang cantik dan berwarna-warni sehingga cocok ditanam di lingkungan rumah. Kamboja termasuk mudah ditanam karena akan tumbuh besar dan tidak perlu perawatan yang intensif.  Kamboja juga termasuk pohon yang menyukai sinar matahari, pohon ini juga akan membusuk dan layu jika dalam kondisi yang terlalu lembab.

Cemara

Pohon cemara tidak hanya tumbuh optimal di suhu dingin, namun ada juga yang mampu tumbuh optimal di suhu yang panas. Cemara termasuk tanaman yang mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Pohon cemara memiliki keindahan karena bentuknya yang unik sehingga mampu menambah keindahan lingkungan rumah.

Lidah Mertua/Sansevierra

Lidah mertua termasuk tanaman hias yang memiliki keindahan yang terdapat di daunnya. Ada beberapa jenis tanaman ini yang dibedakan pada warna daunnya. Tanaman ini mampu tumbuh di lingkungan panas atau kering karena memiliki kandungan air sukulen. Tanaman ini juga memiliki daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan. Jenis lidah mertua biasa ditanam sebagai penghias bagian dalam rumah karena mampu tumbuh pada kondisi sedikit air dan cahaya matahari.

Bunga Euphorbia

Euphorbia banyak digemari karena memiliki warna bunga yang indah dan bentuknya yang unik. Tanaman ini termasuk tanaman hias yang mudah ditanam dengan sedikit perawatan. Bunga ini juga mirip Kamboja yang mampu tumbuh baik di tempat terbuka dan terpapar sinar matahari langsung. Euphorbia memiliki kondisi fisiknya yang umumnya pendek sehingga cocok jika ditanam di dalam pot untuk menghiasi lingkungan rumah.

Lili Paris

Lili paris menjadi tanaman hias yang banyak digemari karena memiliki bentuk daun yang indah. Tanaman ini memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi di lingkungan serta pertumbuhannya yang cepat sehingga tanaman ini tetap mampu tumbuh baik di cuaca dingin maupun panas. Tanaman ini cocok ditanam di pagar atau sebagai penghias pagar, dapat juga dijadikan tanaman gantung.