Tips Memilih Tanaman Hias untuk Pekarangan Rumah

Menanam tanaman hias sudah menjadi hobi banyak orang dan salah satu cara yang dilakukan untuk memperindah lingkungan rumah. Tanaman hias memiliki banyak jenis dan fungsi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan tanaman apa yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah.

Fungsi Tanaman

Fungsi tanaman yang dimaksud di sini adalah apakah  di lingkungan rumah membutuhkan tanaman hias penghasil oksigen, obat keluarga, penghasil buah, atau bonsai. Sebagai tanaman hias penghasil oksigen bisa dipilih tanaman yang berwarna hijau segar dan menyukai sinar matahari. Tanaman ini akan menjaga sirkulasi udara dan menjadi sumber udara segar di lingkungan. Selain itu tanaman obat keluarga juga bisa termasuk dalam tanaman hias karena memiliki bentuk atau warna yang unik, seperti kumis kucing, lidah buaya, dan cocor bebek. Semua jenis tanaman ini memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan.

[Baca juga: Tips Budidaya Bugenvil untuk Hasil yang Lebih Indah]

Tanaman hias penghasil buah juga bisa jadi satu pilihan tanaman yang akan ditanam di lingkungan rumah. Biasanya tanaman ini ditanam di pot dan memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain akan memberi keindahan, juga dapat dipanen buahnya. Terakhir, tanaman bonsai juga mampu menjadi tanaman hias agar lingkungan rumah lebih terlihat tertata dan rapi. Namun tanaman ini harus mendapat perlakuan khusus agar terus mampu memberikan kualitas yang baik.

Daya Tahan Tanaman

Dari setiap jenis tanaman memiliki daya tahan tersendiri dari kondisi iklim lingkungan sekitar. Iklim yang dimaksud adalah intensitas cahaya, kelembaban, suhu, dan air di tanah. Kondisi iklim ini sering kali membuat tanaman tidak tumbuh optimal. Pastikan tanaman hias yang ditanam sesuai dengan kemampuan daya tahannya terhadap lingkungan yang ada. Jika lingkungan terlalu kering dan panas bisa ditanam jenis tanaman seperti kaktus, kamboja, dan lidah mertua. Dengan menanam tanaman yang cocok dengan keadaan lingkungan dapat dipastikan tanaman akan tumbuh dengan optimal.

Sistem Perawatan Tanaman

Sistem perawatan tanaman ini berkaitan erat dengan daya tahan yang dimiliki tanaman dan merupakan salah satu kegiatan yang paling penting untuk menaman tanaman hias. Perawatan pada tanaman hias ada yang tergolong mudah dan sulit atau membutuhkan perawatan yang intensif. Jika memiliki banyak waktu dan hobi dalam menanam, bisa dipilih tanaman hias yang lebih intensif perawatannya, seperti aglonema dan anthurium. Tanaman yang membutuhkan perawatan intensif memang cenderung memiliki keindahan yang lebih tetapi rendah dalam daya tahannya. Namun jika tidak tidak memiliki waktu banyak untuk tanaman, bisa dipilih tanaman yang mudah dalam perawatannya atau tanaman yang memiliki daya tahan tinggi.


Baca Artikel Lainnya:

Post Author: Arinda Dwi Yonida

Editor - Mahasiswa Agribisnis UGM - arinda@farming.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.